Tukang Tidur yang Beruntung

Ini tentang seseorang yang sudah beristri. Di kantor seringkali ketiduran. Namun, karena karyawan kantornya itu punya hobi berhusnudzon, maka setiap melihat si Tukang Tidur ini, berkata: “Aduh.. kasihan banget ya, sampai ketiduran begitu. Mungkin di rumahnya bantuin isteri masak atau beresin rumah.” Sesaat kemudian dia bangun, dan beberapa saat berikutnya ketiduran lagi. Komentar dari orang-orang […]

Nyaman itu Ada Harganya

Pagi ini saya berencana naik kereta ekonomi jam 06.30, tapi karena bercengkrama denga Naya di rumah, berangkatnya terlambat. Tepat pada saat saya membeli karcis, kereta jam 06.30 itu berangkat. Saya pun menuju kereta yang akan berangkat berikutnya, jadwalnya jam 07.02. Keretanya masih kosong, saya pun duduk di kursi dekat pintu di gerbong belakang. Nyaman juga. […]

Penjaga Toko Buku yang Ingin Jadi Penulis

“Mas.. cari buku Lebah Cerdas ya? Hati Tak Bersudut?” tanya seorang penjaga toko buku kepada saya. Ketika itu saya selesai meeting dengan seorang teman di sebuah mall. Kemudian mampir ke toko buku Gramedia. Langsung saja mencari-cari buku saya. Penasaran, ada yang beli atau tidak. Saya menuju komputer dan mengetik nama saya untuk mencari lokasi buku […]

Pengamen Amnesia

Pagi ini saya pergi ke kantor menggunakan bis. Mendapat tempat duduk tepat di tengah, yang tidak banyak diminati, karena biasanya di posisi itu, ada pagar bagus, yaitu seorang pengamen lengkap dengan gitarnya. Sama seperti saat ini. Di samping saya juga ada pengamen yang memainkan gitarnya. Biasa, dia mulai dengan prolog.. ”Mohon maaf bapak dan ibu, […]

Kartini Secara Statistik

Suatu hari, ketika isteri saya bertanya, “Abi… tolong dong diurusin DPT Bunda, khan kemarin ngga bisa ikut pemilu…” “Emang kenapa?” tanya saya. “Supaya bisa ikut pemilihan Presiden…” jawab isteri saya. Hmmm.. Entah masuk di katagori Kartini yang mana isteri saya kini. Yang jelas dia berjenis kelamin wanita, punya kepentingan, dan rupanya dia kini sadar akan […]

Rezeki Untuk Pemarah

Hari Minggu kemarin, saya berada di rumah mertua. Siang hari pulang sendirian ke Ciapus, karena Naya, puteri saya akan mengikuti karnaval Kartini-an di Tanjung Priok. Saya memilih pulang menggunakan kereta api, karena biasanya tak sesak kalau hari Minggu. Dari Terminal Tanjung Priok, saya menggunakan angkutan umum no.15. Saya duduk di depan. Supirnya bertato. Logatnya menunjukkan […]

Kreativitas yang (Mungkin) Dibajak

Hari Sabtu ini, Naya, puteri saya mengikuti lomba senam dan menggambar antar PAUD di Semper Timur. Ketika lomba senam, memang tak seragam gerakan yang dipergakan oleh teman-teman Naya. Apalagi Naya yang kebagian mengenakan nomor 05 sebagai symbol kelompok itu, kadang temannya bergerak ke kiri, Naya bergerak ke kanan. Beberapa orang Ibu agak ‘panik’ dan berteriak-teriak […]

Ketika Politik Menjadi Syahwat

“Kenapa sih? kok mukanya butek banget?” tanya saya kepada teman saya. Malam itu kami sedang membicarakan rencana kegiatan untuk Rumah Tulis. “Iya nih.. bete, habis ngawal perhitungan suara di kecamatan.” jawabnya. “Terus, hasilnya gimana?” tanya saya lagi. Karena caleg yang berada di daerah pemilihannya, kebanyakan teman saya juga. “Ya… yang berpeluang paling besar sih 1 […]