Alhamdulillah, kelar juga kuliah biaya dari negara. Bertanya tentang apa yang sudah dilalui.. tepat 2 tahun selesai sudah. Bertanya tentang apa yang harus ‘dipertanggung jawabkan’ setelah kuliah membuat lebih banyak membutuhkan pemikiran untuk menjawabnya. MSI itu kata Pak Deputy Menteri adalah Menguasai Segala Ilmu…hmmmmm, apakah ini jenis ilmu yang membuat kita setelah meninggalkan dunia akan mengalir pahalanya…?

Bagaimana caranya membuat apa yang sudah dipahami, tersimpul menjadi ilmu yang punya manfaat bagi banyak orang supaya menjadi pasive income ketika nyawa sudah tidak lagi bersatu dengan jasad?

Kalau mengingat hal itu, sepertinya WISUDA tidak berarti WIS UDAH.. ya udah.. dapet gelar, nambah panjang nama… selesai… kalau WISUDA tidak mau menjadi WIS UDAH.. yo wis, gimana caranya membuat apa yang sudah kita pahami bisa dipahami oleh orang lain. Membuat apa yang sudah kita lakukan dari apa yang dipahami bisa dilakukan oleh orang lain dengan kepahaman.

Berpengetahuan memang lebih mudah dari berilmu. Berpengetahuan cukup dengan menyerap informasi untuk kemudian mengolahnya dan menjadi tahu. Berilmu agak lebih berat, karena bagaimana membuat pengetahuan itu memahamkan diri sendiri untuk memahamkan orang lain…

Hmmm, WISUDA memang bukan WIS UDAH…. masih banyak yang harus dipahami dan dilakukan. Masih banyak yang harus dilakukan agar menghasilkan pemahaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *