Top 3 Business Mistakes

Kegagalan dan kesuksesan adalah dua sisi mata uang dari bisnis. Karena bisnis memiliki tujuan dan sumber daya yang dikelola terbatas, maka dalam prosesnya, bisnis pasti menemui kegagalan sebelum kesuksesan, atau kegagalan setelah kesuksesan.

Saya mengatakan sebelumnya bahwa justru saya mengalami kegagalan, setelah saya meraih kesuksesan, karena setelah Anda meraih kesuksesan, bisa jadi Anda masuk ke lingkungan baru, mendapat pasar yang baru, mendapat peluang baru dan membutuhkan partner bisnis yang baru.

Dalam bisnis, paling tidak ada 3 kesalahan utama yang menjadi penyebab kegagalan—atau kesuksesan yang tertunda—supaya Anda masih berpikir optimis untuk menjalankan bisnis, yaitu:

1. Salah memilih bisnis

Dengan modal semangat, Anda mungkin saja bernafsu untuk berinvestasi atau menjalankan bisnis. Pendekatan Anda melakukan bisnis lebih ke emosi sesaat, sehingga Anda kehilangan kewaspadaan dalam berbisnis. Bisnis yang kelihatannya sangat menguntungkan, dengan iming-iming keuntungan yang sangat besar dan balik modal yang cepat serta efek popularitas yang bisa Anda dapat, ternyata hanya fatamorgana di awal saja, karena pada akhirnya, bisnis yang Anda jalankan ternyata tidak memiliki umur panjang

2. Salah memilih partner

Bisnis bukan pekerjaan superman, dikerjakan sendirian. Bisnis adalah pekerjaan superteam. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis, Anda membutuhkan partner. Ketulusan Anda bisa dimanfaatkan secara berbeda oleh orang-orang yang menawarkan peluang investasi kepada Anda. Bertutur kata lembut, berpenampilan mempesona, membawa nama-nama besar untuk melengkapi atribut penampilan Sang Calon Partner lumrah dilakukan oleh orang yang (sebenarnya) berniat menjebak Anda, bukan mengajak Anda meraih kesuksesan bersama, akan tetapi memanfaatkan Anda untuk mendapatkan kesukesan pribadinya.

3. Salah memilih timing

Bisnis sangat dipengaruhi oleh perubahan. Bisnis yang saat ini menguntungkan, bisa jadi di masa mendatang, dengan adanya perubahan teknologi, menjadi tidak menguntungkan. Bisnis yang saat ini tidak menguntungkan, bisa jadi di masa depan mendatangkan keuntungan luar biasa karena adanya perubahan trend. Manusia kini sangat dipengaruhi oleh kemajuan informasi, teknologi dan komunikasi, dan hal tersebut mengubah cara berbisnis di seluruh dunia. Perubahan bisa mengubah cara berbisnis, dan jika Anda tidak mengikutinya, maka Anda akan punah.

Bagaimana caranya supaya terhindar dari kesalahan-kesalahan tersebut?

Pastikan Anda mengaktivasi system alarm bisnis Anda, yaitu:

1. Check YourSelf

Pahami karakter Anda sebagai awal untuk memilih bisnis yang akan Anda jalankan dan dengan siapa Anda akan bermitra. Berdiskusilah dengan keluarga dan sahabat Anda tentang karakter Anda, untuk memastikan Anda sesuai dengan bisnis yang akan Anda jalankan

2. Check The Return

Periksa bisnis yang ditawarkan kepada Anda. Pastikan bisnis tersebut rasional/masuk akal dan bisa dijalankan. Pastikan juga bahwa bisnis tersebut cocok dengan karakter Anda sehingga Anda bisa menikmati ketika menjalankannya.

3. Check The Track

Periksa rekam jejak calon partner Anda. Tanyakan kepada orang yang mengenalnya, tanyakan kepada orang yang pernah berbisnis dengannya. Periksa juga rekam jejak prestasinya dalam bisnis yang ditawarkan kepada Anda.

Saya menerima kegagalan, setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan.

Tetapi saya tidak menerima jika seseorang tidak pernah mencoba.

Michael Jordan

Michael Jordan, atlet bola basket terbaik di dunia mengungkapkan kalimat yang bermakna luar biasa. Memberi motivasi kepada kita. Walaupun Anda mengalami kegagalan dalam berbisnis, melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan, tetap move on, bergerak maju untuk meraih sukses; mencoba lah terus dengan bekerja keras sepenuh hati. Mencoba adalah pelatihan bagi otot kesukesan; ketika kegagalan karena mencoba berbisnis terus Anda perbaiki dan Anda mengambil pelajaran darinya, sukses tinggal menunggu waktu saja.

 

Many of life’s failures are people who did not realize

how close they were to success when they gave up.

Thomas A. Edison

 

Banyak orang yang mengalami kegagalan dalam hidup adalah orang-orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka kepada kesuksesan ketika mereka memutuskan untuk menyerah.

 

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.