Tentang YatimOnline

Bababn-Sarbana-di-studio-stasiun-TV-swasta-dalam-sebuah-acara-talk-show-Copy-300x235

Lagi-lagi Baban Sarbana finalis I AM PRESIDENT yang memang terkenal aktif dalam beberapa bidang yang kembali berprestasi dalam wujud apresiasi banyak pihak terhadap dirinya.

Kisaran Febuari tahun 2010 ia mendirikan sebuah yayasan yang memberdayakan anak-anak Yatim yang bernama YatimOnline. Ia pun mecetuskan kepada mereka yang mendapat uluran tangan dari yayasan ini adalah bahwa “Yatim tidak miskin, yatim tidak minder”.

“Kami memiliki tiga program, yaitu Tangan di bawah, Tangan di samping, dan Tangan di atas” Meski terdengar sederhana, namun nyatanya ucapan ini mampu membangkitkan semangat dan kepercayaan diri mereka. Upaya-upaya sederhana namun berdampak besar ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari banyak kalangan.

Hal itu terbukti dari sorotan sebuah stasiun televisi swasta yang mengundangnya dalam sebuah acara talk show yang penasaran dengan kegiatan-kegiatan apa yang dipersembahkan oleh YatimOnline itu sendiri.

Dipandu langsung oleh presenter fenomenal tanah air Fenita Arie, Baban Sarbana berbagi cerita upayanya dalam memperjuangkan hak kelayakan hidup para anak-anak bangsa dihadapan hadirin yang hadir distudio dan pemirsa yang menyaksikannya dari layar kaca.

YatimOnline adalah sebuah uluran tangan yang tercetus karena adanya rasa ingin memajukan bangsa. Hal tersebut diungkapkan Baban Sarbana yang mengaku mendapatkan beasiswa hingga ketingkat S2 di Universitas Indonesia, merasa wajib untuk kembali ke kampung halamannya untuk memajukan anak-anak bangsa dilingkungannya yang tidak seberuntung dirinya dari aspek pendidikan.

“Meski mereka tidak dibesarkan dan tidak merasakan dinafkahi oleh seorang ayah, bukan berarti mereka tidak bisa mewujudkan cita-cita mereka. Saya bersama YatimOnline akan terus melakukan upaya-upaya untuk membantu putra putri Yatim di lingkungan saya, dan InsyaAllah kami dapat menjangkau lebih banyak lagi anak-anak yatim hingga seluruh Indonesia” ujarnya lantang dalam sesi wawancara.

“Kami memiliki tiga program, yaitu Tangan di bawah, Tangan di samping, dan Tangan di atas.

Program Tangan di bawah berarti program santunan, seperti pendidikan, beasiswa, dan sebagainya. Program tangan di samping adalah program dimana anak-anak yatim diberi pengobatan gratis, karena YatimOnline sendiri sudah memiliki dokter khusus yang bersedia untuk memberikan pengobatan gratis. Sedangkan program Tangan di atas adalah program yang mengusung pemberdayaan para ibu anak yatim dengan memberikan bantuan untuk mereka berwirausaha.” tambahnya.

Selain itu, YatimOnline juga memiliki sebuah program yang dinamakan Yatim Preneur. Yatim Preneur sendiri adalah program yang bertujuan untuk membantu anak-anak yatim dapat belajar untuk tidak bergantung pada orang lain dan mampu menemukan solusi untuk dirinya sendiri. Dengan kata lain,enterpreneurship yang dibangun sejak dini.

Menurut finalis yang lolos kebabak tujuh besar I AM PRESIDENT ini, sosok seorang ibu adalah merupakan Madrasah pertama bagi anak-anaknya. Maka iapun tergerak untuk mengangkat harkatnya dengan menjaga kestabilan finansial mereka. Salah satu contoh upaya itu sendiri adalah dengan memberikan bantuan pinjaman dana dalam program Tangan di atas.

“Saya berpendapat bahwa berapapun dana, dan seberapa seringpun kita membantu anak-anak yatim, hal itu tetap dapat terhitung. Bagi saya, yang tidak dapat terhitung adalah berkah yang berlipatlipat ganda dari Tuhan Yang Maha Esa apabila saya terus mengulurkan tangan untuk membantu sesama” ucap Baban saat ditanya mengenai persaannya saat dirinya dianggap mampu menjadi penyambung tangan Tuham untuk memberdayakan sesamanya. (FeBriana)

YatimOnline

Keluarga Besar

Keluarga Besar

 

 

 

 

 

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.