Suami Random, Isteri Sekuen

“Bunda. Tau kunci motor dimana nggak?”

Saya grasak grusuk, mencari-cari kunci motor, padahal jam sudah menunjukkan 06.30. Kalau masih belum nemu juga kunci motor, bisa kelewatan nih kereta Express Pakuan ke Jakarta.

“Makanya… kalau naruh kunci itu yang inget, yang pasti…. Jangan naruh sembarangan…”

“Eh.. Bunda malah ngomelin Abi…. Emang ngomelin bisa nemuin kunci….?” Kata saya; masih dengan nada becanda, walaupun dalam hati udah mulai kesel, karena bukannya dibantuin nyari, malah diomelin gara-gara suka lupa naruh kunci.

“Bukan gitu.. kalau naro-nya pasti, khan nyarinya juga gampang…” Bunda kali ini ngga Cuma ngomong, tapi bantuin nyari…

“Iya.. kunci motor itu Abi pasti naro-nya. Kalau ngga di gantungan kunci deket sepatu, di meja rias kamar, di gantungan baju atas atau masih di celana…Pasti khan…” kata saya.

“Ah… itu sih ngga pasti… yang pasti itu ya di satu tempat aja…” kata isteri saya…

Jadilah kami berdua saling mencari kunci, sambil mulut tetep ngobrol. Kadang saya di lantai atas, isteri saya di lantai bawah, dan obrolan pun jadi makin keras suaranya. Sampai NAya dan Andra juga ikutan nyari, walaupun mereka ngga tau dimana harus mencarinya.

Sekitar 10 menit kemudian, barulah kunci itu ketemu. Ternyata ada di bawah tempat tidur kamar utama, deket meja rias. Kesimpulannya, kunci itu ditaruh di meja rias, kemudian Andra yang inspeksi rutin, mengacak-ngacak meja rias dan menjatuhkan kunci ke kolong tempat tidur….

Hmmm.. Saya pegang kunci dan langsung menuju Andra. Saya liatin aja wajahnya. Cuma senyum. Senyumnya tetep manis, walaupun Andra ngga tau udah ngerepotin Abi dan Bundanya nyari-nyari sampai ke pelosok rumah; sambil sahut-sahutan pula.

Memang, kejadian kunci tercecer itu bukan pertama kali terjadi dan bukan pula benda pertama yang tercecer. Pernah saya tak rapi menaruh handuk sehabis mandi, tidak menutup botol sirop dengan rapi, alhasil, besoknya sirop itu berakseseoris semut; atau malah, kunci pintu tergantung di bagian luar pintu sejak malam hingga pagi hari.

Saya memang orang yang random, alias sukanya acak; seringkali acak-acakan. Kadang, merapikan barang itu tak ditata, akan tetapi langsung saja dikumpulkan di sebuah pojok, diwadahi dalam sebuah kotak tanpa ada keteraturan. Saya random, dan orang random itu memang tak teratur.

Isteri saya orang yang sekuensial, alias tertata, teratur. Setiap belanja pasti punya daftar belanja. Setiap mengatur isi lemari pasti rapi. Sementara, saya yang random, kalau ngambil baju di lemari kadang tak teratur. Jadilah isteri saya yang merapikan.

Memang, hidup sebagai suami isteri, harus saling memahami, walaupun dalam proses memahami itu seringkali ada tensi yang meninggi.

Paling tidak, menurut saya, ada 2 tipikal suami dan isteri yang memungkinkan kombinasi interaksi keduanya dan kemungkinan masalah-masalah yang muncul.

Suami Random dan Isteri Sekuensial

Suami sering bikin acak-acakan dan isteri yang membereskan. Isteri membuat rumah tangga jadi teratur, suami yang membuatnya menjadi seru, dengan banyak kejutan; paling tidak untuk suaminya. Posisi suami isteri seperti ini, selayaknya keuangan diserahkan kepada isteri; karena dia yang akan mengatur dengan telaten bagaimana manajemen pengeluarannya.

Suami Sekuensial dan Isteri Sekuensial

Ini rumah tangga yang penuh keteraturan. Semuanya serba terjadwal. Kadang, jadwal itu bisa disusun jauh-jauh hari. Memang bisa memiliki kestabilan, akan tetapi minim kejutan. Keduanya serba rapi dan tentu saja kerapihan itu membuat rumah tangga seperti ini menjadi rumah tangga yang mengedepankan perfeksionisme.

Kalau belanja bisa lama, karena keduanya mengambil keputusan untuk membeli setelah membanding-bandingkan harga yang ada di beberapa took.

Suami Sekuensial dan Isteri Random

Saran saya, jangan sering-sering ajak isteri untuk belanja; karena biasanya isteri yang random pergi ke pusat belanja tanpa bekal daftar belanja, dan membeli kadang mengandalkan mata daripada pikiran. Isteri biasanya kreatif memberikan kejutan yang menyenangkan suami. Suami yang hidupnya teratur, seringkali menanggapi kejutan-kejutan itu dengan biasa saja.

Suami Random dan Isteri Random

Seru! Pasangan suami isteri yang berharap dari detik ke detik kehidupannya berada dalam suasana yang menyenangkan. Tak teratur kadang-kadang. Ketidakteraturan ini bisa menjadi penyebab pertengkaran jika tidak disikapi sebagai bagian dari perbedaan. Akan tetapi jika disikapi dengan kacamata yang berbeda, maka suami random dan isteri yang random ini bisa menjadikan aktivitas keluarga yang penuh kejutan.

Nah..

Ini mungkin tidak ilmiah, namanya juga orang random yang nyusun; tapi siapa tahu bisa menjadi bagian dari cara Anda melihat diri sendiri atau pasangan Anda, supaya menjadikan kehidupan suami isteri penuh kejutan tapi tetap dalam kendali yang menyenangkan.

4 comments to “Suami Random, Isteri Sekuen”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. gimana caranya masang, pendeteksi jumlah pengunjung (atau apalah namany) dan asal negara pengunjung seperti yang anda pasang di samping Freedjit. tlg diajarin…

    lihat di bawah tombol FREEJIT.. ada katagori GET FREEJIT.. diklik saja, dan ikuti perintah selanjutnya….
    untuk blogroll, masuk ke http://siraj.blogdetik.com/wp-admin, dan lihat di bar paling atas, ada TAUT, dan Add New, kemudian masukkan alamat blog yang mau ditautkan… selamat mencoba

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.