Luar biasa jumlah caleg yang mengikuti pemilu kali ini. Sebanyak 11.215 memperebutkan 560 kursi DPR, 1.109 orang memperebutkan 132 kursi DPD, 112.000 orang memperebutkan kursi DPRD Provinsi dan 1.5 juta orang memperebutkan 15.750 kursi DPRD Kota/Kabupaten.
Seorang kandidat pimpinan di Ponorogo, mengelana hanya dengan celana dalam, setelah dirinya gagal dalam pilkada. Hutangnya mencapai 3 milyar. Dia mencoba bunuh diri dengan terjun ke sungai, menyodorkan dada untuk ditembak, tapi tak mati-mati. Dia tak waras, jiwanya menyusut, perlahan menghilang, tentu tak harfiah.

Mungkinkan akan banyak caleg yang terganggu jiwanya ketika tak bisa merebut kursi yang tersedia? Mungkinkah banyak yang bermental kuat dan belajar banyak dari kegagalan yang tak bisa dihindari, karena pemilu akan menghasilkan pemenang dan yang kalah? Itu konsekuensi dari demokrasi, ada yang terpilih dan ada yang tak terpilih.

Seandainya, banyak caleg yang kemudian terganggu jiwanya dan harus masuk rumah sakit jiwa, maka jumlahnya yang lebih dari 1.5 juta tak mungkin muat dalam rumah sakit di seluruh Indonesia yang hanya memiliki kapasitas 8.500 tempat tidur. Mau dikemanakan mereka?

Lebih parah lagi jika ternyata tak hanya caleg gagal yang terganggu jiwanya, tapi justru caleg yang lolos yang terganggu jiwanya, alias tak lagi memiliki jiwa untuk memikirkan rakyat, jiwa untuk peka terhadap kepentingan bangsa dan jiwa yang sadar dirinya senantiasa diawasi oleh Tuhan.

Jika caleg lolos yang terganggu jiwanya kemudian duduk di kursi wakil rakyat, maka perahu bangsa ini sedang menuju karang terjal yang membuatnya tinggal menunggu waktu saja untuk karam.

Para caleg yang kemungkinan terganggu jiwanya secara harfiah, tinggal masuk rumah sakit jiwa saja, walaupun mungkin harus antri. Tapi, jika para caleg yang kehilangan ‘jiwa’-nya, ruhnya sebagai wakil rakyat, justru sulit ditampung; karena tak ada rumah sakit tanpa jiwa.

One thought on “Rumah Sakit Jiwa Untuk Caleg

  1. Jabatan memang dapat membuat orang menjadi gila ya. Orang yang mengejar jabatan belum tentu mendapatkan kemuliaan, justru sebaliknya, akan berujung pada kehinaan.

  2. CALEG..aja… singkatan dari calon ente gila…….entah gila alias stress atau gila karena jabatan, juga bisa aja gila karena gajinya. ente2 caleg legislatif yang mana? mudah2an ente2 caleg yang bisa tuk bela rakyatnya. amieeeen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *