Iklan PKS kembali menuai kontroversi. Iklan yang menampilkan kliping koran tentang perseteruan beberapa partai dan tokoh elitenya, dan meneguhkan pentingnya nilai-nilai ke-Indonesia-an, merah putih yang satu.

Banyak pihak yang mengomentari, mulai Muladi yang mengatakan bahwa iklan itu cerdas tapi yang cerdas tidak selalu baik; Anas Urbaningrum yang mengatakan bahwa iklan PKS itu tak masalah hanya klipingnya kurang lengkap (seharusnya ditambah dengan kliping tentang permasalah PKS juga).

Ipang Wahid, sang sutradara iklan, dengan santun menjawab, bahwa iklan itu dibuat dengan niat baik untuk memberikan informasi kondisi politik dan berharap agar bisa meredam konflik antar partai dan elit partai yang makin ramai.

Iklan PKS pun populer, walaupun hanya ditayangkan selama 3 hari.

Pagi ini, saya melihat di salah satu surat kabar nasional, di headline-nya ditulis “Seniman Jaipong Kecam Tifatul”, di bawahnya ada foto Catherine Wilson, supermodel Indonesia. Tumben, PKS satu frame dengan Keket (panggilan Catherine Wilson)?

Saya jadi ingat dengan kasus Catherine Wilson dengan Andi Soraya, yang saling tersinggung karena komentar yang merendahkan usai mereka party yang dihadiri oleh Tommy Suharto. Perseteruan kedua seleb ini pun menjadi konsumsi media infotainment. Keduanya menjadi berita karena salah satu merasa lebih baik dengan cara ‘mengatakan yang lainnya jelek’.

Apa hubungannya antara PKS dengan Catherine Wilson?

Iklan parpol kini banyak bermunculan. Ada yang menceritakan betapa baik program-programnya, ada juga yang mengatakan tentang program-program parpol saingannya, dan mengatakan itu tidak baik (implisit). Sah-sah saja, karena namanya sedang mencari simpati.

Dalam pandangan saya, kita tidak lantas menjadi baik hanya karena mengatakan orang lain tidak baik. Sama halnya dengan Catherine Wilson yang tidak lantas menjadi baik ketika mengatakan Andi Soraya ‘tidak sekelas’. Mungkin sama halnya dengan PKS yang mengatakan betapa perseteruan (yang memang fakta) antara elite parpol itu adalah realitas politik, akan tetapi sebagian realitas politik lainnya tidak diungkapkan.

Seandainya dalam pemilu nanti, kita disodori parpol yang memiliki mindset, merasa lebih baik dengan mengatakan orang lain tidak baik, maka rakyat disodori pilihan bukan parpol terbaik, akan tetapi parpol terpilih karena yang lainnya lebih tidak baik.

Semoga saja, mindset merasa lebih baik dengan mengatakan orang lain tidak baik tidak mendominasi siapa pun di negeri ini.

Catherine Wilson dan Andi Soraya akan melanjutkan hidupnya. Yang tersentuh oleh mereka, paling orang terdekat dan media (utamanya infotainment).

Iklan parpol pun akan bermunculan dengan berbagai versi. Parpol itu akan menarik simpati di satu sisi dan antipati di sisi lain. Parpol itu akan melanjutkan hidupnya. Masalahnya, mereka bersentuhan dengan rakyat banyak.

PKS adalah partai yang dipilih karena karya nyatanya. PKS eksis karena amal nyata-nya. Semoga tidak mencari eksistensi dengan mindset menjadi terbaik dengan mengatakan pihak lain tidak baik.

Notes:

Untuk PKS.. saya menulis ini karena menyayangimu…

One thought on “PKS dan Catherine Wilson

  1. kalo semua diungkap, betapa panjangnya iklan itu…???
    kalo semua diungkap, saya yakin makin busuklah partai-partai itu…!!!
    kalo tidak merasa yang paling baik, gabung aja ke yang lebih baik…!!! setahu saya memang pks paling baik…
    bagaimanapun pks partai islami yang sangat memperhatikan Al-Qur’an…
    dalam Al-Qur’an orang-orang yang jelek seperti fir’aun, yahudi dll jelas-jelas disebut…
    jadi nggak salah donk yang jelek ya dibilang jelek…
    nah PKS tidak mengklaim yang paling baik walaupun keyakinan dalam hati ya harus ada… kalo nggak ngapain bertahan dalam pks…
    jangan sampai terjebak dalam pandangan semua sama…. padahal nyatanya memang berbeda…

    komentar ini saya buat karena saya yakin cinta kita pada pks memang berdasarkan kebaikan-kebaikan pks….!!!!

  2. menurut saya kalau hanya berkutat antar baik dan tidak sebuah partai tidak bisa di lihat dari hanya luarnya saja (Pakaian, Cara berdemo : beriklan, atau yang lainnya) tapi kita harus jelas dan sadar bahwa bangsa indonesia saat ini sedang menjadi incaran empuk dari faham – faham yang akan menghancurkan akidah yang selama ini telah di percayai dan di yakini kebenarannya oleh masyarakat, tatapi dengan adanya faham baru yang menumpang pada partai-partai ini yang harus kita waspadai. BERHATI – HATILAH WAHAI SAUDARAKU SEMUA SESAMA MUSLIM
    JAGALAH UKHUWAH WATHONIYAH, UKHUWAH BASYARIYAH DAN UKHUWAH ISLAMIYAH

  3. buat mas fathur said dan yang sepandangan…

    justeru yang mengomentari miring pks itu orang-orang yang ada diluar tapi merasa lebih paham dari orang pks sendiri…
    contoh:
    NU dan Muhammadiyah pada ribut bahwa PKS Wahaby (itu toh maksudnya akidah baru…?)
    setahu saya Wahaby itu anti partai, deket aja ogah…!!! Sebagai representasi kekinian sebagian salafy adalah wujud wahaby… Muhammadiyah adalah representasi wahaby tempo doeloe coba yg anggota muhammadiyah lebih belajar tentang sejarahnya sendiri pasti paham yang saya maksud….
    kalo NU, saya bisa maklum karena semua yang berbeda pasti dibilang akidahnya melenceng dan bukan ahlu sunnah wal jama’ah…. mungkin ya sebatas itulah pemahamannya… tapi seiring era keterbukaan informasi semoga perlahan mereka sadar bahwa dunia itu luas… dan Islam itu bukan berasal dari Jombang… hehehehe

  4. buat mas budhi…, kalo PKS partai kurang setengah, kira-kira partai lain kurangnya berapa…?
    atau malah lebih setengah…!!! hehehehe

  5. PKS = Partai Kebal Sogokan
    PKS = Partai Keluarga Saya
    Hehehe
    Semangat Terus PK Sejahtera…..
    Semoga Allah Selalu Meridhoi partai ini dan Negara ini
    Amin

  6. ketahuan pijit kan, bukan yang lain… (itupun sudah dihukum di PKS) gak tau partai lain…?????
    karena gak punya isu lain, yang kayak gitu pun dijadikan isu… gak mutu…

    setuju….emang tetep kudu hati-hati

  7. udeh ngak mutu plus ngak ade yg bisa diisukan di pks krn pks slalu punya kebenaran dng isu2 makanye kalo kalah kwalitas jgn pada ikut partai yg pepengenya jd presiden smuanye,memang ngak ade yg bisa dikerjaken slaen jd preside, udeh memble kagak belajar mingkem lageee…….

  8. PKS itu:
    Pojok Kanan Saja
    Perintis Kemerdekaan Sejati
    Pejuang Kebangsaan Sejati
    Peduli Kita Semua
    Partai Keluarga Sakinah
    Penuh Kasih Sayang
    Partai Kantong Sendiri
    Pemahamanya Kaga Sempit
    Partai Kemenangan Sejati

  9. ga peduli sama fatwa MUI, pastinya gw ga akan golput… golput itu mubajir… duit trilyunan koq disia-siain aja…
    dan klo pilih partai… tentunya pilih partai yang buruknya paling sedikit… ya pilih PKS… walau gw kenal siapa tuh Tifatul… siapa tuh Hidayat…

  10. Sikap arif adalah ketika kita mengkritik maka siap dikritik selama itu semua untuk amar ma’ruf. Iklan PKS niatnya baik karena untuk mengingatkan meredam konflik antar partai dan elit partai. Yang disampaikan sang narasumberpun niatnya baik jangan sampai ada perasaan paling benar.

    Mari terus berkarya sahabat untuk Partai Kita Semua…

    Salam

  11. “Maka janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui siapa orang yang bertakwa.” (Qs. Al-Najm; 32)

  12. Kalo cuma pijit udah ribut, gimana yang laen?
    Kalo selembar kertas putih, setitik noda psti keliatan jelas bgt. kalo kertasnya item/abu2?..
    Tidak ada guna kata tanpa realita.
    Tetap berkarya dan berbuat untuk bangsa,disaat yang lain hanya pintar bicara
    Keep strugle my brother..!

  13. Akh, Paijo….Kita tidak boleh menggenalisir bahwa NU dan Muhammadiyah bersebrangan dengan PKS…itu pandangan yang sempit, klo ada….itu bukan NU ato Muhammadiyah, tapi beberapa oknum dari mereka saja….jadi, genelasisir yang anda lakukan tu salah….

  14. PKS partai yang melakukan kaderisasi dari mulai dari tingkat sekolah
    Mungkin hanya satu2nya partai yang memperhatikan setiap manusia indonesia sedini mungkin.
    Walaupun waktu disekolah mereka tidak menyebutkan ‘saya ini orang PKS’
    Tapi sekarang saya tahu.. bahwa mereka adalah orang PKS.
    Orang2 yang membantu saya dulu belajar, yang menanamkan cita2 yang kuat dan luhur di hati saya.
    Saya Ingin.. bukan hanya saya saja yang merasakannya waktu sekolah itu
    Tapi juga seluruh siswa sekolah saat ini dan nanti..
    Untukmu manusia2 PKS Terimakasie

  15. Salam,
    Membabi buta membela partainya..
    sorry ya mas.. gak bisa kasus yahudi di Al-Qur’an dianalogikan dengan partai di Pemilu Legislatif…apalagi tinggal beberapa hari lagi….. ketahuan kan kepengennya apa??
    Nyantai aja mas…emangnya takut apa dengan blog ini.. yang sering buka ini kan karakteristik usernya kiyta semua tahu….
    Mereka tidak bodoh…& tidak mudah dibodohi..
    Jgn underestimate lah…
    PKS bagus& baik….
    Partai lain juga punya sisi bagus…
    Semua berhak menjadi bagus & baik.
    Semoga kita tdk terjebak Assobiyah

  16. ketahuan pijit kan, bukan yang lain… (itupun sudah dihukum di PKS) gak tau partai lain…?????

    Ndak usah cuci tangan ampe segininya to mas…..

    Nanti terpecik muka sendiri..

    wes…wes…
    malu kita….yo mas paijo….

    Salam…

  17. Semua partai sama saja mementingkan kepentingan masing2 dengan cara apapun, tunjukan kalo kita (WNI yg baik) punya pikiran yg cerdas selangkah atau sepuluh langkah lebih maju dari parpol-parpol yang berusaha membodohi kita sebagai objek politik mereka.

  18. maklumlah PKS lagi disayangi orang setiap gerak geriknya lagi di perhatikan. jadi setiap kejadian yg dipartai lain itu dianggap sudah biasa tapi di PKS itu Luar biasa (aib).Contohnya Pijit. Itu namanya partai yg menjungjung tinggi moral. Mudah-mudahan PKS menjadi besar.

  19. ga usah banyak omong, tunjukan saja 1 kelebihan partai lain dibanding PKS, selain kelebihan koruptor, kelebihan janji, apalagi utk dheean bejo, koruptor khan ditangkap KPK, lha pks ga ada tuh yang kesenggol KPK, piye see.

  20. di Jambi ada Kader PKS yang membangkang
    di Bukit Uhud ada pasukan Panah Rasulullah yang Membangkang
    NO BODY PERFECT so jangan suka menggeneralisasi.
    kader PKS juga Manusia,kalo manusia tanpa salah perlu dipertanyakan KEMANUSIAANNNYA.jangan2 Malaikat

  21. PKS, ruarr biasa…
    nggak ada lo ngak rame..
    (nggak ngebayangin deh, kalo nggak ada pks-partai Islam mana lagi yang bias gue percaya)…
    PKS, mbak yu ku, kang mas ku, adik ku anak ku, tetangga ku…semua tahu kebaikan mu..teruslah berjuang untuk negeri ku…harapan itu masih ada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *