Kemang Regency…

Ketemu sama HY untuk diskusi tentang buku belajar dari Pilkada… Rada buru-buru, karena HY harus terbang ke Swiss malam ini juga.

Kebanyakan buku memang cerita tentang kemenangan dalam Pilkada, tapi yang cerita tentang sebaliknya masih jarang. Ternyata banyak yang bisa dipelajari setelah Pilkada Sumsel berlalu. Saya ngeliat HY seperti anak kecil yang menyerap segala pengalaman dengan mata yang bersemangat untuk menjadikannya sebagai ilmu.

Banyak hal yang dibahas, salah satunya tentang TIM SUKSES… sesuai namanya, memang timnya sukses, walaupun kandidatnya ngga sukses….hahahaha.

Kita juga cerita tentang betapa majunya kemampuan masyarakat kecil dalam menyusun proposal bantuan kepada calon pimpinan mereka. Saking majunya, ada proposal bantuan yang kop dengan alamatnya sama, tapi isinya berbeda. Ada juga yang sebaliknya. Isinya sama walaupun kop suratnya berbeda.

Permintaan proposal bantuan beraneka ragam, mulai dari pembangunan sarana olahraga sampai operasi mata dan pembiayaan pernihakan. Dan yang paling banyak adalah permohonan untuk pendirian posko pemenangan pemilu dengan rincian permintaan dari mulai sewa gedung hingga jumlah kopi dan teh yang harus dibeli. Hebat juga masyarakat kita, tahu apa yang dimau, walaupun tidak tahu kalau calon pimpinannya belum bisa memenuhi semua keinginan dan beberapa mungkin syahwat politik, karena proposal yang sama bisa jadi diajukan kepada kandidat lawan.

Masih banyak yang akan kita bahas tentang apa yang terjadi selama Pilkada dan bagaimana seorang HY menyikapinya sebagai hikmah, dan berharap agar hikmah itu bisa menjadi pelajaran bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *