Peternakan Kambing Hitam

Bagi sebagian orang, yang bermental pecundang, ketika mengalami kondisi yang menyulitkan, langsung mencari-cari alasan dan pembenaran, bahwa sesuatu dan seseorang di luar sana yang menyebabkan kegagalan menimpa dirinya.

Mencari kambing hitam adalah pekerjaan paling mudah bagi orang yang menjadikan hidupnya korban dari keadaan. Gagal baginya adalah akibat dari perbuatan orang lain. Padahal, ada kontribusi dari diri sendiri terhadap kegagalan yang dialami.

Kambing hitam adalah hewan paling menderita, jika dikaitkan dengan kegagalan. Karena makin kesini permintaannya makin meningkat, seiring jutaan caleg yang mendaftar`pemilu, orang-orang yang di PHK, krisis di berbagai sektor kehidupan; beberapa orang bermental kurang, siapa siaga mencari kambing hitam.

Mungkin, peternakan kambing hitam jadi bisnis yang menggiurkan, selama banyak orang yang menyalahkan keadaan untuk kegagalan yang menimpa dirinya. Tak melihat, bahwa dibalik kesulitan akan ada kemudahan, dan meyakini bahwa kegagalan sebenarnya adalah cara takdir memberitahu kita kalau telah mengambil jalur yang salah dalam menjalani kehidupan.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.