Perhatikan jempol kanan Anda (untuk yang tidak kidal). Apakah ukurannya lebih besar daripada jempol kiri…?

Kalau ukurannya lebih besar dari jempol kiri, maka dipastikan Anda memiliki bakat menulis, karena jempol itu pasti Anda gunakan untuk mengirim sms, terutama disaat nyetir mobil atau mengerjakan pekerjaan lain, sehingga HP Anda pegang dengan satu tangan….

Memang beberapa waktu ini, banyak teman-teman dari aneka profesi nanya ke saya, yang gara-gara baru nulis beberapa buku, udah dianggap jadi penulis…. (ya iya lah… karena nulis makanya disebut penulis.. kalau lamar jadinya pelamar, kalau ramal jadinya peramal). Mulai dari penyiar, orang kantoran, pembicara top sampai public figure.

Rasanya kok nulis itu simpel aja ya.. ada yang bilang kudu pake otak kanan kalau mau kreatif dan kudu pake otak kiri kalau mau teratur… buat saya, nulis itu ngga usah dipikirin pake otak kiri atau otak kanan. yang jelas nulis itu kudu pake otak…. kalau ngga pake otak, namanya bukan lagi nulis tapi lagi ngotak-atik kode togel….

Sebenarnyan nulis itu tipsnya 2 aja…..

1. Tulisin yang dipikirin 

2. Pikirin yang ditulisin

Nah.. simpel khan… tulisin yang dipikirin artinya jangan mikirin macem-macem dulu tentang hasil tulisan kita. Pokoknya tumpah ruah loh jinawi aja….. (itu gemah ripah ya). Apa pun yang ada di pikiran tulisin aja. Untuk teknik ini ada yang namanya Fast writing, yaitu nulis cepet tanpa mengangkat pulpen dari kertas (itu kalau pake buku). Tulis aja apa yang dipikirin. Kalau pegel ya tulis “pegel… kok macet nih… ngga ada ide lagi.. mentok… gimana ya….” tulis aja. Kita akan kaget sendiri dengan banyaknya kata-kata yang bisa tuangkan dengan mengalirkan pikiran.

Yang kedua adalah  pikirin yang ditulisin… nah ini baru otak kirinya jalan, ngatur mana yang harus diambil mana yang harus dibuang. Terus membuat gagasan terdistribusi sempurna. Jadi satu gagasan ada di satu paragraf. Antar paragraf pun menjadi sempurna hubungannya.

Jadi, nulis itu kaya ngambil batu untuk bahan baku bikin patung…

Nulisin yang dipikirin itu ibaratnya ngambil batunya… emang awalnya ngga jelas bentuknya….

Pikirin yang ditulisin itu ibaratnya memahat batu itu sehingga menjadi patung yang kita inginkan…

Berani nyoba… ketik reg spasi MANJUR…..

chat aja ke banban_sar@yahoo.com, kalau orangnya ngga ada, titip pesen aja…
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *