Sabtu ini, Naya mendapatkan ‘raport’ dari PAUD tempatnya ‘magang’ sekolah. Naya sebenarnya hanya ikut-ikutan sekolah; biar seneng dan bersosialisasi saja.

Di raport itu ada beberapa nilai, saya tak terlalu perhatikan, hanya membagi beberapa item berdasarka katagori B (Baik), C (Cukup), dan K (Kurang). Di setiap katagori penilaian itu, pada bagian bawah, gurunya member komentar sekaligus pesan.

Jika nilainya banyak yang CUKUP, maka pesannya diawali oleh “ALHAMDULILLAH..bla bla bla….”
Jika nilainya banyak yang BAIK, maka pesannya diawali oleh, “SUBHANALLAH…bla..bla…bla…
Wah..rupanya, itulah cara gurunya member respon atas apa yang sudah dicapai Naya di kelas PAUD.

Untung saja tidak ada komentar yang diawali oleh ASTAGFIRULLAH atau malah INNALILLAHI…hehehehe…

Tak apalah, kalimat pujian kepada Allah itu dikelaskan menjadi Cukup, Baik, Kurang atau yang lainnya. Sekaligus mengenalkan nilai-nilai Islam kepada anak, sejak usia dini.

Yang jadi perhatian saya sebenarnya adalah hadiah buku yang diberikan oleh gurunya, khusus untuk anak-anak yang sering berani maju ke depan, menjawab pertanyaan, memimpin do’a atau mau mewakili kelas untuk ikut lomba.

Alhamdulillah, Naya diberi hadiah untuk keberaniannya. Saya pikir, bagus juga PAUD ini, memberi respon nilai, tak hanya yang memiliki ukuran-ukuran standar, yang sebenarnya untuk ukuran anak-anak belum kelihatan, seperti moral, dll; malah ada penilaian untuk keberanian, inisiatif. Karena, sesungguhnya itulah salah satu kunci sukses seseorang di masa depan. Semoga saja, di tingkat pendidikan berikutnya, Naya memperoleh sekolah yang menghargai kepintaran, sekaligus keberanian; hard skill sekaligus soft skill; pengetahuan teknis sekaligus pola pikir.

Sebagai hadiah, saya pun memberikan boneka Kitty-Bee, alias boneka Hello Kitty yang berbadan lebah. Semoga saja, dia menjadi anak manis yang disayangi setiap orang dan bisa memberi manfaat bagi orang tuanya, dan orang-orang di sekelilingnya. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *