Baban Sarbana

Social Business Coach

Modal Kecil Untung Besar

Alhamdulillah, akhirnya buku ini tuntas disusun dan sampai ke tangan para pembaca. Semoga pembaca memperoleh manfaat dari buku ini.

Sebenarnya terlalu berani apabila saya memberanikan diri untuk menulis buku tentang tema wirasaha. Ternyata Tuhan memberikan saya kesempatan luar biasa untuk bertemu dengan orang-orang hebat yang memberikan inspirasi sehingga mempermudah saya  untuk menuliskan buku ini.

Terima kasih kepada Mas Helmy Yahya, guru seumur hidup saya, yang juga seperti sumur ilmu yang tak pernah henti mengalirkan air ilmunya. Kebetulan sekali saya menjadi staf ”Departement of Click” pada saat Roadshow Seminar ”Siapa Berani Menjadi Entrepreneur” di 12 Kota pada bulan Agustus – September 2005. (Departemen of Click adalah istilah buatan untuk saya yang pekerjaannya menyusun presentasi seminar sekaligus meng-klik slide presentasi).

Sebenarnya buku ini adalah rangkuman dari pembicaraan saya dengan Bapak I Nyoman Londen (biasa dipanggil Pak Londen), pria sederhana penuh semangat, pemilik waralaba EDOLA Burger. Dimulai sejak saya sekamar di sebuah hotel di Surabaya, dan selanjutnya saya membantu menyiapkan presentasi beliau di rangkaian Roadshow Seminar ”Siapa Berani Menjadi Entrepreneur” di Bali, Bogor, Palembang, Cirebon dan Jakarta.

Pembicaraan-pembicaraan ringan tapi berisi ini akhirnya mengilhami saya untuk menyusun sebuah buku sederhana bagi para pembaca, karena terus terang, selama saya mendengarkan setiap gagasan usaha Pak Londen, maka ada semangat baru untuk memulai menjadi wirausahawan. Kalau selama ini saya bingung memulai karena tidak memiliki  modal yang harus disiapkan, maka dengan sederhana Pak Londen menawarkan solusi EDOLA Burger sebagai waralaba termurah di dunia, dengan modal kecil untung besar.

 

Sebenarnya buku ini adalah kombinasi dari Pak Londen sebagai pemilik EDOLA Burger dan saya, yang memilih ’nekad’ menjadi penulis karena ingin menganggur tapi berpenghasilan, tidak terikat jadwal kerja, sehingga bisa  belajar menjadi entrepreneur.

 

Terima kasih saya sampaikan kepada Mr. James Gwee, pembicara top di Indonesia, yang walaupun cuma bertemu sebentar di seminar entrepreneur di Medan dan Palembang, tapi ilmunya sudah menjadi inspirasi saya melalui tulisan dan kasetnya, bahkan ketika belum bertemu.

 

Tak kalah pentingnya, terima kasih kepada teman-teman saya, para pemilik waralaba lokal, mulai dari Ogusto, Red Crispy, Hy Astro, Entrepreuneur University dan Nu Skin. Mereka-lah para pengusaha yang tidak hanya menjual produk, tapi menularkan semangat untuk mandiri sekaligus peduli terhadap kondisi bangsa Indonesia yang sulit dikatakan sehat secara ekonomi.

Selama menulis buku ini, selama itu pula saya belajar. Oleh karena itu, seperti layaknya orang belajar, pasti banyak kekurangan dan ketidaklengkapan uraian dalam menjelaskan gagasan dari buku ini. Untuk itu saya dengan hati dan pikiran terbuka berharap respon yang membangun dari para pembaca.

Semoga semakin banyak orang yang peduli terhadap pentingnya kewirausahaan, karena dengan menjadi pengusaha (yang benar) maka kualitas hidup pribadi akan semakin baik dan ’menular’ sehingga kualitas hidup orang-orang di sekitar pun akan semakin meningkat. Semoga suatu saat berwirausaha menjadi gaya hidup bangsa Indonesia.

Semoga….

Baban Sarbana

DAFTAR ISI

MENGAPA HARUS BERWIRAUSAHA?

 

  1. WIRAUSAHA MEMBUAT ANDA MENJADI BOS
  2. WIRAUSAHA MEMBUAT UANG ANDA BEKERJA
  3. WIRAUSAHA MEMBUAT WAKTU LUANG LEBIH BANYAK

 

KONSEP USAHA

 

  1. MULAI DARI DIRI SENDIRI
  2. MULAI DARI YANG KECIL
  3. MULAI DARI SEKARANG

 

MENGAPA WARALABA?

 

  1. JIKA PEMULA, AMBIL WIRAUSAHA YANG SUDAH TERBUKTI
  2. SISTIM YANG BAIK AKAN MEMANDU ANDA
  3. KOMPETITOR ADALAH MOTIVATOR

 

BAGAIMANA MEMULAI USAHA?

 

  1. MENCARI INFORMASI
  2. MENCARI MODAL
  3. MENCARI MITRA
  4. MENCARI LOKASI YANG STRATEGIS
  5. MENCARI SDM YANG HANDAL

 

 

 

 

PRAKTIS MENGELOLA

 

  1. MENGELOLA DENGAN MURAH
  2. MENGELOLA DENGAN MUDAH
  3. MENGELOLA DENGAN BERMUTU

 

KIAT SUKSES EDOLA

 

  1. BEKERJA KERAS
  2. HIDUP BERKUALITAS
  3. MENGUTAMAKAN PRIORITAS
  4. BEKERJA TUNTAS

 

TUNGGU APA LAGI….?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *