Masalah adalah selisih antara harapan dengan kenyataan. Memiliki harapan yang terlalu tinggi membuat kenyataan yang dihadapi jauh dari harapan. Ada masalah, ketika selisih antara harapan dengan kenyataan adalah minus.

Pengambilan keputusan adalah memilih alternatif terbaik di antara banyak alternatif. Keputusan yang tepat bisa diambil ketika berbagai alternatif bisa dibandingkan satu dengan lainnya, baik dari sisi kelemahan maupun kelebihannya.

Bangsa Indonesia tentu saja penuh harap dengan masa depannya supaya lebih baik. Pemilu yang akan datang sebenarnya bisa memenuhi harapan itu. Beberapa orang malah sudah tak ada harapan. Apa pun harapannya, yang jelas, akan ada selisih antara harapan dengan kenyataan.

Pemilu membuat bangsa Indonesia harus mengambil keputusan. Mencontreng salah satu pilihan. Masalahnya adalah harapan untuk memiliki wakil rakyat yang kompeten bisa jadi tak terpenuhi, karena kenyataannya, wakil rakyat yang ‘disajikan’ banyak yang tak memenuhi harapan.

Jadi, tak heran, jika setelah pemilu akan ada masalah; karena harapan jauh dari kenyataan; serta pemilih tak disodori caleg yang mumpuni untuk memenuhi harapan yang dimiliki.

Bagaimanapun, memilih adalah salah satu bentuk bahwa bangsa ini harus berubah. Jika caleg yang ada memang tak banyak bisa memenuhi harapan, pilih sajalah yang sekedar sreg di hati, dan terus awasi orang dan partainya.

Dari sekian banyak pilihan yang tersaji, pasti ada yang serius mau mewakili rakyat untuk menuju bangsa yang makin baik. Masalahnya, mereka ini bersaing dengan para caleg lain yang justru ingin hidupnya pribadi menjadi lebih baik, walaupun mengabaikan orang yang diwakilinya–yaitu rakyat.

Masalah dan keputusan akan menyertai pemilu kali ini. KPU–yang jadi wasit, pun akan segera bersembunyi, karena makin mendekati hari, banyak sudah potensi masalah baru yang membuat kredibilitas pemilu makin terpuruk.

Hadapi saja, kata Iwan Fals… ya memang harus dihadapi. Walaupun pilihan makin sedikit dan masalah bisa muncul kemudian. Tak terhindarkan….

One thought on “Masalah, Keputusan dan Pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *