Semuanya berawal dari pertemuan dengan teman-teman Blogor, ketika saya dan keluarga akan menonton film Laskar Pelangi;  setahun yang lalu. Saya berbincang dengan Chandra, adik kelas di kampus Pakuan, Bogor. Ternyata ada wadah untuk bergabungnya teman-teman blogger di Bogor. Syaratnya harus punya blog.

Saya melanjutkan menonton, sambil melihat mereka, anggota komunitas Blogor berfoto-foto di depan bioskop XXI. Dalam hati, saya berjanji, malam ini juga akan nge-blog.

Pulang nonton, langsung buka laptop, online dan browse blogor. Ternyata ada informasi bahwa salah satu blogger Blogor baru saja mendapat Bloggership dari Microsoft. Wah.. hebat.. saya segera menuju blognya Nonadita. Membaca postingan demi postingan. Simple but sweet.

Belum menemukan nama apa yang akan saya buat untuk blog baru ini. Sebelumnya saya pernah membuat blog tapi tak konsisten. Tak tahan lama. Updatenya ketinggalan terus.

Segera saya berkunjung ke blognya Kambing Jantan, punyanya Raditya Dika, muncul inspirasi untuk memberi nama hewan pada blog saya. Kebetulan saya suka sekali segala hal yang terkait lebah. Jadilah nama blognya lebah. Tadinya mau lebahlebay, tapi ngga jadi; karena saya baru saja membaca habis dua kali novel Maryamah Karpov, dan terpukau dengan gaya penulisan Andrea Hirata. Saya ingin blog saya juga bertutur dengan cara yang hampir sama. Bedanya, ada manfaat yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Maka, dengan niat baik, jadilah blog www.lebahcerdas.blogdetik.com, postingan pertamanya di , judulnya TV Kok Kaya Sawah, Bajak-bajakan…. komentator perdananya Tonosaur. Thanks Bro! 

Perlahan, saya menemukan ritme menulis, lengkap dengan style-nya. Aksesoris blog saya tanya langsung ke teman Blogor juga, Akhdian; karena blognya bagus banget.

Postingan demi postingan saya buat. Ada yang berkualitas, tapi lebih banyak yang biasa-biasa saja. Pokoknya, apa yang saya pikirkan, akan saya tuliskan. Kadang, ada komen yang nyelekit dan menyakitkan hati, kadang ada juga yang menyenangkan. Tapi itulah dinamika blogger.

Tak salah saya memilih blogdetik, karena di blogdetik ada ‘kompetisi; supaya diangkat sebagai blog pilihan atau postingan baru. Sungguh, itu membantu blogger pemula seperti saya. Yang saya ingat, beberapa artikel yang nyelekit, pengalaman buruk dan info update pernah mampir di blog pilihan. Terima kasih blogdetik. Seingat saya, salah satu postingan saya tentang penipuan melalui deterjen sachet lah yang mendapat komen paling banyak (47 komen kalau tak salah), walaupun saya masih belum tahu, bagaimana cara membalas komen dengan enak.

Iseng-iseng pula, saya ikutan lomba, sekedar menyesuaikan ritme para blogger. Alhamdulillah, akhirnya menghasilkan juga, dapat Ipod melalui Harga Diri dan Indeks Prestasi dan dapet kaos plus paket Oli Top One dari tulisan Aku Mencintai Telapak Kakimu. Lumayan. Nambah semangat.

Waktu terus berjalan, dan seiring dengan waktu pula, ada penerbit yang merupakan inprint dari Elexmedia Komputindo, yaitu Quanta, menerima kumpulan tulisan di blog lebah cerdas. Buku pertama pun terbit di bulan April dengan judul Hati Tak Bersudut; disusul buku kedua di bulan Juli dengan judul On The Road; Cerita Hati Pengguna Kereta Api dan yang paling gress buku Saldo dan Bidadari Surga, terbit di bulan September.

Alhamdulillah, sudah 3 buku terbit dari catatan harian lebah cerdas ini. Semoga banyak membawa manfaat.

lebah_serial

Tentu saja, usaha untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas tulisan tetap saya lakukan, karena sesungguhnya proses belajar tak pernah kenal henti hingga nyawa terpisah dari jasad.

Kini, setahun sudah lebahcerdas hadir di dunia maya. Tulisan ini adalah postingan ke-400; dan di blog ini sudah ada lebih dari 1500 komen dari teman-teman.

Terima kasih Blogor, yang sangat membantu kelahiran lebahcerdas. Semoga ikatan kekeluargaan tak pernah terputus.

Terima kasih blogdetik yang menjadi keluarga di dunia maya, dan pernah menempatkan lebahcerdas di blog pilihan, sungguh sebuah kehormatan.

Nge-blog jadi perjalanan yang menyenangkan, mengumpulkan kisah demi kisah yang semoga memberikan manfaat, utamanya bagi diri sendiri maupun yang membaca. Selamat saling berbagi…..

One thought on “Lebah Cerdas 1st Anniversary

  1. Salam Hormat,
    Saya baru saja menyelesaikan membaca buku karya mas, HATI TAK BERSUDUT. Buku tersebut saya pinjam di Perpustakaan Daerah Kab. Hulu Sungai Selatan, Kalsel. Saya tertarik isinya. Bergizi banget! Saya senang bacain tulisan macam itu. Yang favorit sih Pencuri Mimpi. Saya pingin bisa nulis kaya mas. Bagaimana dong! Salam kompak selalu dari saya: Akhmad Husaini di Jl. A. Yani Km.8 Angkinang Selatan RT.1 No.40 Kec.Angkinang Kab. Hulu Sungai Selatan, Kandangan, Kalimantan Selatan.

    Bravo Lebah Cerdas !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *