Ketika menjadi tim kreatif Kuis Gosip atau Fakta, dulu, waktu masih tayang di Trans TV; syarat pesertanya adalah 20 orang dan memiliki kesamaan. Misalnya, pernah pesertanya adalah fitness mania, yang dikomandoi oleh Ade Rai. Dancer yang dikomandoi Ari Tulang, Silver Boys yang dikomandoi oleh Tata Dado. Olga Syahputera juga pernah menjadi pemenang kuis itu, waktu belum ngetop, yang pesertanya adalah para pemain lenong; mulai dari Lenong Bocah sampai Lenong Bocor.

Peserta-peserta unik lainnya itu kalau ngga salah pernah ada Pelatnas namanya, singkatan dari Persatuan Artis Latah Nasional. Ke-20 peserta itu latah semua. Siapa komandannya saat itu? Gugun Gondrong. Anggotanya ada Ade Namnung, Jane Shalimar, pokoknya artis yang latah-latah. Baik asli maupun demi profesi.

Di segmen akhir akan datang bintang tamu yang terkait sama profesi dari peserta. Bintang tamunya, akan ditanya tentang 3 gosip terpanas saat itu.

Saya adalah tim pembuat soal Kuis Gosip atau Fakta, barengan dengan satu orang kawan, yang kin kondang sebagai pengamat musik. Setiap hari kerjaannya baca tabloid, koran, nonton TV. Nyari gossip-gosip panas. Kalau kehabisan soal, biasanya bikin gosip sendiri, yang kadang-kadang jadi kenyataan.

Satu kali ada peserta yang semuanya DJ. Itu lho Disk Jockey, yang kerjanya malam-malam di diskotek, bar atau tempat-tempat hiburan lainnya. Seru banget. Semuanya gaya abis. Siapa bintang tamunya? DJ Winky, waktu itu masih ngetop dengan film Jaelangkung dilanjutin sama Titik Hitam. DJ Winky ini yang ternyata pernah jadi gitaris terbaik di salah satu kompetisi music di Jakarta.

Nah, yang lucu, nama-nama DJ itu. Ada yang namanya aneh-aneh juga. Kaya DJ Night Sweet (Malam Manis), DJ Smile (nama aslinya Ismail, cuma ngga keren aja kalau nama DJ itu Ismail). Ada juga nama asli, kebetulan diawali sama huruf J, makanya jadi nyambung. Seperti DJ Oko (sebenernya namanya Joko), DJ Oni (nama aslinya Joni), DJ Ani (nama aslinya Jani, cewek). Tapi, ada juga yang lucu-lucuan, kaya DJ Ongkok (dipanggil Jongkok), DJ Akun (dipanggil Jakun), ada juga DJ Arum, nah ini ada 2, cewek semua; ada Arum yang kulitnya hitam, namanya jadi DJArum Black, sama DJ Arum yang badannya langsing, disebut DJArum Slimz. Kok jadi kaya merk rokok ya….

Ampun deh di episode DJ ini, salah satu yang paling seru. Soalnya mereka ternyata bisa juga nge-DJ pake suara mulut.

“Cekikiiiiit, Ckckckckck, ce-ke-cez…ce-ke-cez”

Yang susah itu, kalau pesertanya anak-anak. Nyari soalnya ngga gampang. Alhasil, soal-soalnya ngga jauh dari komik dan film Doraemon dan Sinchan, itu juga mesti hati-hati, karena diputar di TV tetangga, bukan Trans TV.

Kuis itu memang ngga bertahan lama. Tapi, paling ngga memberi nuansa baru dalam menyampaikan infotainment. Trans TV saat itu belum punya infotainment, katanya belum mau ikut-ikutan. Sekarang sih sudah ada Insert dan Kroscek.

Saya sendiri, ya walaupun ngga terlalu setuju dengan yang namanya gossip-gosipan, paling ngga belajar lah cara membuat soal kuis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *