Prof. Dick Baker; seorang ahli politik hubungan Asia – Amerika, berbincang santai di kebun belakang belakang East West Center, Hawaii. Sebuah pusat kajian tentang budaya Timur dan Barat; yang memiliki sejarah terkait dengan kelahiran Obama.

Di salah satu asrama mahasiswa inilah Stanley Ann Dunham bertemu dan terpikat dengan Lolo Sutoro, pria asal Bandung yang memperoleh beasiswa East West Center.

Indonesia memang dikenal oleh Amerika; yang paling dikenal oleh mereka tentu saja Bung Karno yang saat itu mengatakan “Go to Hell….” Itu yang dikenal orang tentang Indonesia. Tentu, kini hubungan Indonesia dengan Amerika bukan lagi soal Surga atau Neraka; tapi ada hubungan edukasi yang saling membekali.

Ketika di Hawaii inilah, sejarah dimulai, bagaimana seorang Obama yang kini menjadi Presiden AS; diajak oleh ibunya untuk mengunjungi Indonesia, tanah kelahiran ayah tirinya. Kecintaan terhadap ibunya yang membuat Obama mengikuti ke negara yang disebut oleh kakeknya sebagai Spice Island; pulau rempah-rempah.

Obama menghabiskan 4 tahun masa kecilnya di Indonesia. Belajar banyak tentang kemiskinan dan toleransi. Mungkin Obama tak tahu, kemiskinan dan toleransi bukan masa lalu di Indonesia, karena masih jadi masalah besar di negeri kita.

Obama menunjukkan cintanya kepada Maya Sutoro, adiknya yang kini jadi pengajar di East West Center; yang sayangnya tak bisa kami temui, karena sedang sakit.

Kini, ketika Obama sudah menjadi Presiden, walaupun belum datang ke Indonesia, kontribusinya sudah nyata. Paling tidak, menurut Prof. Dick Baker; kontribusi Obama yang paling besar saat ini adalah pernyataannya bahwa Obama pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia dan Obama menyukai Indonesia. Dengan pernyataan inilah, hampir seluruh orang Amerika mengetahui Indonesia. Tentu, kontribusi besar dari tindakan yang kecil; paling tidak membentuk image tentang Indonesia.

Memang, Indonesia perlu dikenalkan dengan cara yang beraneka; sayangnya banyak orang Indonesia tak jadi duta bagi negaranya sendiri.

Semoga saja, ketika Obama datang ke Indonesia, itu jadi moment untuk mengenalkan Indonesia ke tempat yang selayaknya.

One thought on “Kontribusi Obama untuk Indonesia

  1. amin. memang pantaslah obama bersikap seperti itu, mengingat dia pernah menghabiskan sebagian masa kecilnya disini. Semoga ini bisa terjaga dengan baik, dan kita sebagai WNI juga bisa menyikapinya dengan positif

  2. Oooh … itu toh kontribusi Obama, mengenalkan Indonesia ke orang amrik. Kenapa orang Indo yg ada di AS tidak ada andilnya? Sepanjang pengetahuan saya, orang-orang Indo yg berada di luar negeri, malu mengakui asal mereka. Mereka seperti merasa inferior ketika berhadapan dgn bangsa2 lainnya. Apalagi umumnya yg punya dana bisa mencapai luar adalah mereka dari keturunan Tionghoa. Sehingga anggapan sebagian bangsa yg tidak pernah tahu tentang Indo akan mengira orang Indo itu identik dgn China atau Thailand.

    Salam. 😎

  3. yang mengagumkan dari seorang obama adalah dia tidak malu mengaku ada keterikatan dengan indonesia. dan betul, beda dampaknya ketika yang ngomong adalah presiden Amrik dan orang biasa…

    btw konon waktu di Indonesia Obama diasuh dan kerap tidur seranjang dengan waria ya? untung gak diapa-apain, hehehe…

  4. tidak semua orang2 indonesia yg tinggal di amerika malu utk mengakui kalo mrk adalah orang indonesia.. ibu mertua saya selalu mengingatkan pd istri saya utk tidak pernah lupa mengajarkan bahasa indonesia dan pemahaman ttg budaya timur khususnya indonesia kepada anak kami.. istri saya dan keluarganya sudah tinggal di amerika sejak awal thn 80an, tetapi budaya mereka tetap budaya timur dan mereka selalu bangga menyebut diri mereka adalah bangsa indonesia..

  5. Mental orang Indonesia memang banyak yang Rusak,Sudah jelas Indonesia negara Besar Produk unggulan dari Indonesia,kenapa malu memakai produk sendiri?kenapa begitu produk di lempar ke luar negeri di beri Merek luar negeri lalu kembali lagi ke Indonesia mereka bangga memakai produk merek luar negeri,padahal yang membuat tetangga sendiri kasihan banget mental serendah itu..?Baik buruknya suatu negeri dari Kita semua.Indonesia Negara Besar maka kita selayaknya berjiwa besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *