Baban Sarbana

Social Business Coach

Kenapa Malas Nge-Blog?

Menengok blog Lebah Cerdas.. rasanya lama sekali.. jadi malu sendiri. Padahal blog ini sudah bisa menghasilkan 4 buku Cerita Bernilai…

Hmmmm..

Kenapa saya malas nge-blog?

Coba pikirin dari sisi kambing hitam dulu, baru kambing putih…

Sisi kambing hitam, maksudnya sisi nyalahin pihak lain.. Yup… pokoknya bukan saya yang salah karena malas ngeblog.. ini dia alasan ‘kambing hitam’ malas ngeblog..

1. Sekarang ada Blackberry, dan dengan BB inilah interaksi internet makin mudah. Aplikasi yang compatible dengan BB pun jadi pilihan.

2. Sekarang ada micro-blogging semacam twitter. Beneran, karena twitter lebih mudah aplikasinya dengan smart phone, maka twitter jadi pilihan. Belum lagi respon di twitter lebih langsung, jadi bisa ngobrol..

3. Jarang ikutan lomba lagi… nah.. terus terang saja, salah satu yang mendorong saya ngeblog adalah karena ikutan lomba-lomba alias kompetisi ngeblog.

4. Lagi ngga bikin buku.. hmmm, ini juga alasan kambing hitam….

Sekarang saya ngungkapin alasan ‘kambing putih’ alias nyalahin diri sendiri… ini dia alasan malas ngeblog…

1. Ngga disiplin. Yup.. dulu, saya setiap hari pasti nulis satu postingan cerita. Apa pun itu. Bener-bener jadi kewajiban. Kayanya ada yang kurang kalau ngga ngeblog dalam 1 hari.

2. Ngga nangkep ide yang berkeliaran di sekitar. Iya ya.. rasa-rasanya setiap lewat dan mengalami kejadian, pasti ada aja ide yang terlintas di pikiran utk jadi bahan tulisan.. tapi sekarang kok jadi ngga dapet tuh ide…

3. Ngga ngeluangin waktu. Nah ini dia, karena (sok) sibuk, maka rasanya ngeblog itu ngga ada waktu. Halah…. padahal waktu bengong sama waktu nulis, banyakan waktu bengongnya..

4. Kurang niat. Hmmm.. dulu, alasan pertama ngeblog memang bikin diary/jurnal. Nah ini yang hilang dari pikiran saya sebagai alasan untuk ngeblog..

So…. semoga saja bisa rutin lagi ngeblog, karena ngeblog itu nikmat….

2 comments on “Kenapa Malas Nge-Blog?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *