07

Apr 2010

Jupe dan SBY

Apakah ada hubungan diantara keduanya?

Selain sebagai sama-sama orang Indonesia; perbedaannya jelas. SBY itu Presiden Republik Indonesia. Jupe alias Julia Perez adalah artis yang sedang naik daun karena digadang-gadang menjadi pimpinan daerah di Pacitan.

Pacitan?

Nah.. itulah hubungannya…

Jupe dan SBY punya keterkaitan, ketika nama Pacitan dikemukakan.

Amir Syamsudin, salah satu pimpinan di Partai Demokrat, secara blak-blakan berkata di sebuah acara TVONe, bahwa partainya memang berusaha menarik orang-orang muda yang ‘sudah jadi’ untuk membangun partainya…

Bima Arya yang kini berada di DPP PAN, Fahri Hamzah yang di PKS adalah bidikan Partai Demokrat yang tak bisa ditarik untuk membesarkan partai pemenang Pemilu edisi 2009 ini.

Setiap warga negara memang berhak untuk memilih dan dipilih, dicalonkan dan mencalonkan diri untuk menduduki posisi politik tertentu. Akan tetapi, ketika siapa pun boleh maju, saringan untuk menentukan kelayakan menjadi sangat longgar.

Terlepas dari kualitas seorang Jupe, yang siapa tahu menyembunyikan sesuatu yang bisa saja bermanfaat untuk warga Pacitan, mencalonkan selebriti dengan modal kepopuleran adalah bentuk kemacetan kaderisasi internal partai dan menjadikan suara rakyat dibarter dengan kepopuleran seseorang.

Pada beberapa kasus, konsekuensi kepopupleran itu bisa malah, karena ekspose media menjadi lebih besar daripada apa yang bisa diperbuat oleh yang bersangkutan.

Sah saja Jupe mencalonkan diri menjadi salah satu pimpinan daerah; sah saja partai tertentu mengajukan calonnya seperti Jupe; tentu yang tidak sah adalah, bahwa ketika menganggap rakyat disodori pilihan hanya melulu karena kepopuleran. Tak teruji dari kiprah dan tindakan nyata bagi masyarakatnya.

Itu saja.

Agak unik ketika nantinya pimpinan daerahnya Julia Perez dan salah satu warganya adalah SBY. Mudah2an dunia tidak terbolak-balik seperti itu.. wallahu’alam.


One thought on “Jupe dan SBY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *