Tadi pagi, saya ketemu dengan teman saya yang kidal. Agak unik memang, walaupun sebenarnya biasa saja. Kidal, kalau  kata mas Ucup Kelik itu artinya adalah Kiri Dari Lahir. Nah, iseng-iseng, saya ngumpulin istilah atau peribahasa yang terkait dengan tangan. Ini dia:

1. Tangan Kanan.

Adalah orang yang dianggap sebagai orang kedua dari seorang bos atau pimpinan. Yang jadi masalah adalah, jika bosnya ternyata kidal, jadi tangan kanannya kurang berfungsi.

2. Buah Tangan

Adalah istilah lain untuk oleh-oleh, walaupun tak selamanya oleh-oleh itu dibawa dengan tangan. Kadang dipaket dengan kemasan kardus atau kotak. Kenapa disebut buah tangan, mungkin nyambung dengan buah kebaikan dari orang yang bepergian yang ingat dengan teman, sahabat, keluarga yang ditinggalkannya, sehingga tangannya berbuah oleh-oleh.

3. Ringan Tangan

Punya dua makna, yang satu adalah orang yang gampang mukul, yang lainnya lagi adalah orang yang gampang bantu orang. Ringan tangan memang memiliki arti mudah menggerakan tangan. Entah untuk tujuan yang baik atau untuk tujuan yang tidak baik.

4. Panjang Tangan

Ini julukan untuk salah satu populasi paling pengecut, yaitu copet. Entah kenapa dijuluki panjang tangan, mungkin karena yang panjang cuma tangannya; sementara akalnya pendek. Pintar tapi merugikan orang lain.

5. Tangan diatas lebih baik dari tangan di bawah

Ini idiom untuk konsep sedekah, bahwa tangan di atas adalah simbol bagi orang yang punya niat baik memberi dan tentu lebih mulia jika dibandingkan dengan tangan di bawah, simbol orang yang suka meminta. Masalahnya, kadang ada juga yang tangannya di atas, tapi tetap saja niatnya mengambil. Memberi sedikit, tapi mengambilnya banyak banget.

6. Maksud hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai

Ini peribahasa untuk orang yang tak bisa mengukur kemampuan atau terlalu jauh bermimpi tak sadar akan potensi. Banyak dicontohkan dalam berbagai sisi kehidupan, termasuk di dalamnya para caleg yang sedang ikutan kompetisi legislatif. Banyak yang ingin duduk manis jadi legislatif, tak tahu kapasitas sendiri, sehingga jadi dagelan yang posternya, bukan menghiasi, tapi malah mengotori jalanan.

7. Tangan-tangan setan

Ini kata-kata pertama dari lagu Jarum Neraka-nya Nicky Astria. Lagu jadul yang bercerita tentang anak muda yang keranjingan narkoba, tapi menjadikan setan sebagai kambing hitam, padahal tugas utama setan memang menggoda manusia. Pilihan kita untuk tergoda atau tidak.

Nah, mungkin Anda menemukan kata-kata, idiom, peribahasa lain yang terkait dengan tangan? Silahkan ditambahi….

One thought on “Istilah untuk Tangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *