Menemukan ide sama sulitnya dengan mencari jarum di padang rumput. Kalau kita tidak menggunakan besi berani alias magnet. Menemukan ide sama mudahnya dengan menggunakan kunci inggris, yang lebarnya bisa disesuaikan dengan obyek yang akan kita pakai.

Menemukan ide bukan seperti segelas kopi pahit dengan takaran tertentu. Menemukan ide hanyalah sekedar menuangkan sesendok kopi, sesendok gula, air panas dan mengaduknya tanpa harus menghitung.

Kenapa ide sama dengan kunci inggris? karena ide  seharusnya lentur, menyesuaikan dengan keadaan. Ide bukan sesuatu yang dipaksa mengikuti keadaan, tapi ide adalah alat bagi kita untuk menyesuaikan dengan keadaan.

Ketika sepatu kebesaran, maka ide adalah bukan membuang sepatu itu atau mencelupkan kaki kita ke minyak tanah agar menjadi besar. Ide adalah mencari segumpal kertas koran dan meletakkannya di bagian tumit, sehingga sepatu yang kebesaran itu menjadi pas.

Sebenernya itu bukan sepatu yang kebesaran, tapi kaki yang kekecilan. Kalau kita berpikir bahwa sepatunya yang kebesaran, maka fokus kita tertuju kepada sepatu. Menyalahkannya dan membuatnya menjadi sebuah kecacatan.

Sebenarnya kaki kita yang kekecilan, sehingga kita akan melihat selisih antara sepatu yang kebesaran dengan kaki yang kekecilan tersebut dan menemukan jawabannya pada segumpal kertas.

Ide seperti kunci inggris, yang membuat kita menjadi sesuai dengan  keadaan dan tidak memaksa keadaan menyesuaikan diri kita. Kunci inggris tidak bisa terbang, harus dipegang oleh kita untuk dimanfaatkan.

One thought on “Ide itu seperti Kunci Inggris

  1. salam kenal…
    dr byk blog yg saya baca, baru blog ini yg bikin tertarik utk melihat semua tulisannya.
    salut akan cara bertutur mas:)

  2. salam kenal juga.. terima kasih Poppy.. saya hanya menuliskan apa yang saya pikirkan.. jangan bosen baca ama ngasih saran ya…? punya blog…? biar bisa kunjungan balasan….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *