Tragedi hukum di negeri ini, dengan aktor populer Gayus Tambunan…

Gayus identik dengan beberapa hewan yang menggambarkan ‘kualitasnya’. apa saja hewan itu?

1. BULUS.

Akal BULUS GAYUS jadi salah satu judul berita di TV Nasional. Kepintarannya (karena lulusan sekolah orang pintar) membuat Gayus bisa berkelit, berdalih dengan sangat baik di media.

Apakah bulus itu?

Ini dia (dari wikipedia)

Bulus, orang Madura menyebutknya Ketempah Kura-kura yang hidup di air, dengan diameter punggung mencapai 100 cm, meskipun umumnya hanya hingga 60 cm saja. Kepala membulat, dengan mata kecil dan lubang hidung yang terletak di ujung belalai yang kecil dan pendek. Perisai relatif membundar, tertutupi oleh kulit tebal yang lunak dan licin, dengan bintil-bintil dan lipatan (gigir) rendah memanjang yang halus dan terputus-putus. Lehernya panjang, sehingga kepalanya dapat menjangkau sekurangnya setengah dari perisainya. Tungkai depan dan belakang dengan selaput penuh, cakar-cakarnya kuat dan berkuku runcing terutama pada tungkai depan.

Akal bulus Gayus yang membuat negeri ini gonjang ganjing. Walaupun lebih bulus lagi adalah 149 perusahaan yang menyuap Gayus…

2. BELUT

Karena 68 kali keluar tahanan tak pernah terungkap, kecuali setelah wartawan kompas dan pembaca kompas mengungkapnya di media. Maka Gayus pun diibaratkan belut yang licin bisa meloloskan diri. Uniknya, Gayus tak langsung kabur setelah ada kesempatan ke luar negeri; malah kembali lagi.. Jadi, Gayus itu bukan jalan-jalan, tapi ‘diperjalankan’.

Apakah belut itu, ini dia infonya dari wikipedia

Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae. Ciri khas belut yang lain adalah tidak bersisik (atau hanya sedikit), dapat bernafas dari udara, bukaan insang sempit, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk. Belut praktis merupakan hewan air darat,  Mata belut kebanyakan tidak berfungsi baik; jenis-jenis yang tinggal di gua malahan buta.

Kebanyakan belut tidak suka berenang dan lebih suka bersembunyi di dalam lumpur. Semua belut adalah pemangsa.

Nah.. khan.. belut memang suka bersembunyi dalam lumpur, mata (hati) nya tidak berfungsi baik. Cocok khan?

3. IKAN TERI

Statemen terbaru Gayus, “Saya cuma ikan teri, Presiden tahu ikan besarnya..” Bahkan Gayus berani menawarkan dirinya menjadi staf ahli penegak hukum di negeri ini. Weleh weleh weleh…

Apakah ikan teri itu, ini dia infonya dari wikipedia..

Ikan teri atau ikan bilis adalah sekelompok ikan laut kecil anggota keluarga Engraulidae. Nama ini mencakup berbagai ikan dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan.

Walaupun anggota Engraulidaei ada yang memiliki panjang maksimum 23 cm, nama ikan teri biasanya diberikan bagi ikan dengan panjang maksimum 5 cm. Moncongnya tumpul dengan gigi yang kecil dan tajam pada kedua-dua rahangnya. Mangsa utama ikan teri ialah plankton.

Di kawasan sekitar Selat Malaka dan Laut Cina Selatan, ikan teri biasa diogoreng dan dihidangkan dengan sambal bersama-sama nasi hangat atau nasi lemak. Ikan ini juga dihaluskan berbentuk tepung

Nah… jadi, memang ikan teri ini kalau dikonsumsi tidak dalam bentuk seutuhnya, selalu menjadi bentuk lainnya. Ikan teri juga menjadi simbol ukuran kecil dibanding ikan kakap.

Tapi, Gayus adalah ikan teri paling kaya, karena memiliki kekayaan (yang ketahuan) 150 Milyar..

So… kasihan hewan-hewan itu diidentikan dengan Gayus…

Entah hewan apalagi yang dikorupsi maknanya oleh Gayus.. semoga hewan-hewan itu tak protes…

Jika Gayus yang katanya ‘boneka’ itu saja sudah identik dengan 3 hewan tak berdosa itu, apakah julukan yang pantas untuk para koruptor yang menjadi dalangnya?

One thought on “Hewan-hewan di sekitar Gayus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *