Buk… ada handphone jatuh…. seorang anak muda, kayanya mahasiswa, memungut handphone di lantai koridor busway. Laki-laki di sebelahnya, keturunan Arab, melihat dan langsung meraba kantongnya. Handphonenya tidak hilang.

Busway berjalan dari Kampung Melayu menuju Matraman.

Menunggu busway. Lumayan berdesakan. Seorang guru kayanya, berpeci membawa tas, grasa grusu menyerobot ke depan. Saya memegang tas lebih erat. Beberapa orang lainnya juga mewaspadai miliknya.

Ada apa dengan hati kita?

Mengapa orang yang belum tentu berbuat seperti yang kita pikirkan, kita berpikir bahwa orang itu akan melakukan seperti yang kita pikirkan.

Saya pernah 2 kali kehilangan handphone dalam bis umum. Saya duduk di belakang, mengangkat handphone dan ngobrol bentar. Saya masukkan HP ke bagian depan tas, turun di UKI. Saya di apit oleh 3 orang. Bis ngga kenapa-kenapa, tiba-tiba orang itu menyenggol saya, seolah-olah bis ngerem.

Sesaat sebelum turun, saya reflek meraba tas saya. HP hilang…! cepet bener. Saya bingung mau menuduh yang mana. Ada seseorang yang bilang..”makanya hati-hati mas…” Lha… yang kena musibah kok yang dinasehatin..tangkep tuh yang nyopet…. atau jangan-jangan dia yang nyopet…hmmmmm. Bingung..

Di kali lain, saya naik mobil umum di Bogor. Orang di depan saya tiba-tiba muntah, dan yang disampingnya memijit-mijit pundaknya. Dua orang turun. Keduanya duduk di samping saya. Mobil berhenti di Tugu Kujang. Saya meraba kantong. Dan HP hilang…! sial…

Cepet bener ngambilnya… terampil bener tangannya… jahat bener motifnya….

Menjadi copet apa ngga deg-degan ya… khan harus melihat peluang sekecil mungkin. Coba kalau ketahuan, khan malu..!

Dua HP itu adalah harga untuk tidak hati-hatinya saya. Dua HP itu adalah harga untuk kecekatan pencopet yang mungkin sudah mereka latih bertahun-tahun.

Kadang kita serba salah, mau curiga ngga pasti juga, ngga curiga malah kehilangan. Seandainya malaikat bisa membuat alarm yang langsung berbunyi ketika orang berniat jahat… saya harus siap-siap penutup kuping yang banyak kayanya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *