KTP akhirnya dibolehkan menjadi sarana untuk bisa memilih Presiden. Masih banyak yang juga mengeluh, karena mereka tak memiliki KTP sesuai dengan tempat tinggalnya, atau yang lebih mengenaskan, tepat beberapa hari sebelum pilpres, dompetnya hilang, dicopet orang.

KTP ganda pun awalnya menjadi alasan bagi KPU untuk menolaknya sebagai tanda sebagai pemilih. KTP ganda dikatakan sebagai pidana. Memang, hukumannya denda maksimal 25 juta rupiah. Sekali lagi, negara kita ini mungkin memiliki kambing hitam, ketika ada masalah DPT ganda, maka data kependudukan yang kisruh dipilih sebagai alasan. Memang demikian adanya.

DPT ganda pun dilontarkan oleh Capres-Cawapres No. 1 dan Capres-Cawapres No. 3; minus Capres-Cawapres No.2. Dituduhlah, bahwa pengungkap DPT ganda itu takut kalah. Dikatakanlah, bahwa upaya perbaikan DPT itu untuk mengakomodasi hak rakyat. Ditantanglah pengungkap DPT ganda itu oleh KPU, untuk disamakan, padahal datanya dari KPU juga; padahal itu dilakukan karena hingga 3 hari menjelang pilpres, DPT belum juga dibuka.

Saya hanya menilai, bahwa para pengungkap kisruh DPT itu bersuara dan berusaha, karena mereka peduli. Peduli kepada rakyat sekaligus peduli kepada kepentingan politiknya. Sah saja.

KTP (plus Kartu Keluarga) dan DPT; kini bisa jadi tanda sebagai pemilih. Keduanya adalah fakta, kondisi yang bisa dibereskan. Karena bicara tentang sistem saja. Akan tetapi, yang sulit bukanlah ke-GANDA-an KTP atau DPT; tapi orang-orang yang berkepribadian ganda; yang memilih ganda, yang mengingkari tanggung jawab yang lekat dengan jabatannya. Sibuk mencari kesalahan orang lain, tapi luput mengintrospeksi diri.

KTP saya tak ganda, saya pun tak poligami, hingga Kartu Keluarga saya pun tak ganda. DPT pun tak ganda. Semoga saja, saya tak berkepribadian ganda, hingga keinginan untuk mengubah bangsa dengan menjalankan hak pilih, dihitung sebagai kontribusi yang berarti. Satu suara saja, kalau dari hati, siapa tahu bisa menjadi bagian dari perubahan.

One thought on “DPT Ganda, KTP Ganda dan Kepribadian Ganda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *