Dari Panah-panahan Jadi Buku

Ada yang pernah baca buku Super Mentoring, sebagai panduan mengisi kegiatan Mentoring Agama Islam di SMA? Begini ceritanya… konten dari buku tersebut mulai dikumpulkan tahun 1991, ketika Mentoring Agama Islam mulai diadakan di SMAN 1 Bogor. Saya saat itu kelas II, bersama Novi HardianEko Hardjanto dan Ahmad Safari (tim Rohis DKM SMANSA Bogor) mulai menyusun buku tersebut, berbekal materi panah-panahan yang disampaikan oleh Mr. H (amniyah nih… hehehehe) serta tambahan dari buku Bimbingan Karir dari Bimbel Nurul Fikri. Karena waktu itu, kami baru pertama kali mengenal materi panah-panahan tersebut, jadilah butuh usaha lebih keras untuk memahami buku tersebut. Beruntunglah, hal ini terbantu karena teman-teman akhwat DKM SMANSA asal Depok, Santi Widhia and the gank, lebih dulu mendapatkan materi dan paham terkait materi-materi mentoring tersebut.
Di Bogor saat itu belum menjamur banyak rental komputer, apalagi digital printing. Printernya masih pake printer gulungan yang brisik (epson), dan Om Bill Gates belum menemukan windows explorer, jadi masih pake wordstar.
Beruntunglah ada yang bisa ngetik pake WS 6, dengan hafalan .pm, .lh, dst… akhirnya tersusunlah materi mentoring berukuran 1/4 quarto. Dan saya beserta Ahmad Safari (yang di rumahnya ada komputer, sehingga saya sering menginap dan jadi basecamp kita di luar sekolah), bolak balik ke rental komputer di Jl Empang (samping mesjid Empang), yang sekarang jadi toko alat pancing ikan. Lumayan jauh juga.

Berikutnya; kalau jaman sekarang, tinggal digital printing dan minta potong ukuran tertentu. Jaman baheula, ya harus nyusun sendiri, mikirin letak halaman, ukuran yang sama, dan demi penghematan, 1 quarto isinya 4 halaman; kemudian digunting manual dan distreples. Beneran dipas-pasin supaya tepat urutannya dan pas digunting juga ngepas bentuknya.

Jadilah buku kecil materi mentoring dengan huruf roman 10 dan jadi buku panduan bagi saya dan mentor-mentor lain untuk menyampaikan 24 materi mentoring untuk satu semester.
Efeknya, saya yang katagori paling dhuafa soal ilmu mentoring, jadi sekalian belajar, sambil ngetik. Lumayan. Dan gaya menulis dari buku ini pula yang mempengaruhi gaya menulis saya di kemudian hari.

Beberapa tahun kemudian, kompilasi materi tersebut dibukukan oleh tim Syahrul Komara dan diterbitkan sehingga bisa menjangkau banyak sekolah di Indonesia, bahkan menjadi bahan penelitian dari seorang mahasiswa S2 dari Jepang.. Yo Nonaka yang konsern dengan pergerakan jilbab di Indonesia (arigato gozaimaska) dan mewawancarai kami.

Buku Mentoring sudah berkembang menjadi buku Game, Panduan Manajemen, sampai ke Mentoring SMP yang dikomandoi oleh Edi Wahid.

Panah-panah materi itu rupanya menjadi panah-panah cinta kepada Sang Pencipta dan Kekasih Sang Pencipta….Semoga jadi ilmu yang bermanfaat.

#Mentoring #teROHIS.
Catatan indahnya:
Penulis materi panah-panahan itu kini menjadi salah satu Gubernur terbaik di Indonesia. Dr. Irwan Prayitno (Gubernur Sumatera Barat)..

Btw.. ada yang inget gak materinya tentang apa aja?
Colek Kang Muhammad Ruswandi yang ngurusin perbukuan Mentoring…. masih adakah stoknya? Kangen baca lagi nih… dan mau saya pake untuk bahan kurikulum di YatimOnline…

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.