Congklak Digital

Cerita perjalanan… suatu saat lalu…

Perjalanan jauh Jakarta – Kuala Lumpur – Narita – Los Angeles tentu saja membuat saya harus mengatur apa yang bisa dilakukan selama 18 jam dalam pesawat, selain tidur tentunya.

Satu-satunya hiburan yang ada, selain menulis menggunakan laptop yang durasi baterainya terbatas adalah melihat video yang ada di kursi pesawat. Saya pun mulai mengeksplorasi apa saja yang bisa dinikmati selama perjalanan panjang ini.

Film-filmnya lumayan baru, saya pun langsung jatuhkan pilihan dengan melihat film The Hunger Game, This Mean War, The Dark Night dan The Best Exotic Marigold Hotel; film tentang para lansia yang menghabiskan waktu mereka menjelajah India, salah satu kebiasaan dari orang-orang bule yang menghabiskan masa tuanya dengan traveling. Interesting.

Diseling dengan lagu, tentu saja saya memilih lagu-lagu favorit saya yang dinyanyikan almarhumah Whitney Houston dan alharhum Freddy Mercury; dan ternyata ada lagu-lagu Cherrybele juga, lumayan, bisa menghibur.

Selain film dan lagu, ada juga game. Saya mulai mengeksplorasi beberapa game, dan pilihan saya jatuh pada permainan Congkak…. Betul, permainan tradisional yang di Indonesia dikenal dengan nama Congklak ini ternyata ada di list game pesawat, sederet dengan permainan lain yang sudah popular seperti tetris, Chinese chese, dan permainan lainnya.

Kreatif juga ya… mengubah permainan tradisional menjadi digital dan dijadikan dengan animasi. Indonesia khan kaya dengan permainan tradisional, kenapa kita tidak membuat versi digitalnya ya? Sehingga setiap orang di seluruh dunia bisa mengenal permainan tradisional dan menjadi pintu masuk Indonesia lebih di kenal di wisatawan manca negara.

Saya jadi ingat dengan program Mentoring Desa di YatimOnline, yang mengajak anak-anak yatim bermain tradisional dan membahas nilai-nilai dari permainan tradisional tersebut yang sangat berguna dalam pembentukan karakter mereka menjelang dewasa.

Ayo kita populerkan permainan tradisional dengan mengubahnya menjadi animasi supaya bisa dinikmati oleh masyarakat global.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.