Alhamdulillah….

Hanya itu yang terucap dari hati, ketika acara Profesional Day di SMP 1 Bogor jadi dilaksanakan.

Berterima kasih kepada Allah, karena pernah melalui masa pencarian jati diri di SMP Negeri 1 Bogor. Bagaimana saya sekarang pasti dipengaruhi bagaimana saya dulu ketika di SMP 1 Bogor.

Duduk diantara kepala sekolah, para orang tua siswa dan teman-teman yang sukarela, ikhlas, datang untuk berbagi ilmu, serta para siswa SMP 1 Bogor yang seperti cermin hidup, tentang bagaimana kita dahulu menghabiskan 3 tahun yang menyenangkan; menjadi sebuah peristiwa yang menambah energi hidup.

SMP Negeri Satu Bogor ..
Berdiri tegarlah selamanya…
Bangunlah jiwa dan semangatnya…
Bersatu majulah maju…
Bina siswa dan siswinya ,
Kembangkan rasa cita…
Wujudkanlah persatuan…
Dalam baktimu…

Duh.. merinding mendengar Mars SMP 1 Bogor ciptaan Teh Retno itu.

Belum lagi, diperdengarkan lagu yang dulu jadi andalan vocal grupnya; apalagi kalau bukan lagu First Love-nya Nikka Costa… Hmmm.. de javu.

Kenangan tergambar di benak, sekilas melintas di bayangan. Tapi, kemudian berganti menjadi semangat ketika tepuk tangan mengantarkan saya memperkenalkan teman-teman alumni yang datang untuk berbagi ilmu.

Ya.. berbagi ilmu yang dipraktikkan menjadi profesi saat ini. Karena itulah esensi acara Profesional Day; berbagi ilmu yang berbuah profesi dan bisnis….

Berturut-turut diperkenalkan…
1. Baban Sarbana/89 (saya)
2. Dian Ibung/88 (penulis/psikolog)
3. Ina Winarni/91 (peneliti muda kehutanan)
4. Rani Adrianti/89 (ex Retail Manager)
5. Deasy Puteri/89 (Marcomm/Bisnis)
6. Dindin Suzaridian/90 (Sales Manager Produk Pocari Sweat)
7. Previta Puji/91 (Finance PT Goodyear)
8. Rikiandi Darajatun/89 (Project Manager TOTAL/Engineer)
9. Sulistyo Eko/89 (Technical Support PT ABC)
10. Fesar Parulian Pane/89 (Bank Danamon)
11. MHP Agung Wibowo/89 (web designer www.kompas.com)
12.Takhta Pandu Padmanegara/2002 (Cyber Public Relation AsiaPR)
13. Maya Juwita/89 (Praktisi HR di NGO)
14. Andri Latief A.M/89 (Pemda Kab. Bogor)
15. Andri Is/89 (Khatulistiwa Band)
16. Ramah Handoko (Seurieus Band)
17. M. Iqbal/98 (dokter)
18. Mia Rahmawati/98 (dokter)
19. Susi suciatiningsih/89 (Guru)
20. Riza/89 (Dept Keuangan)

Menyusul kemudian:
21. Freddie Noor (HR di P&G)
22. Hendra Rusli (Arsitek)
23. Anton (IKJ)

Ada juga Ibu Sylvia dari angkatan 57 yang turut datang; beserta para pengurus ILUNI SMP 1 Bogor yang dipimpin oleh Kang Muli (83) dan Kang Isak Prawirasutra (81).

Alhamdulillah… berkumpul para alumni dengan berbagai latar belakang profesi untuk berbagi ilmu.

Para alumni masuk ke kelas masing-masing, disambut oleh para siswa SMP; dengan baju putih celana biru. Berasa tua dan muda sekaligus. Walaupun berasa tua nya lebih banyak….

Beneran.. susah diungkap rasanya, di usia mereka semuda itu menerima informasi tentang apa yang kakak-kakak alumninya ceritakan.

Saat disana, kita lah yang kemudian menggunakan ilmu berbagi, dengan menyesuaikan dengan bahasa mereka. Karena sebenarnya, terlalu serius kalau mereka mendengar cerita tentang profesi kakak-kakaknya….

Tapi, paling tidak ada siswa SMP yang memperhatikan; entah ngerti, entah nggak.. pokoknya intens melihat presentasi para alumni yang berbagai macam ilmu berbaginya…Ada yang melalui story telling, atau malah bawa laptop dan langsung presentasi di depan, karena di SMP 1 Bogor sekarang sudah ada projector dan screen terpasang di setiap kelas.

Wuih…

Ada kesamaan dari ketertarikan para siswa terhadap sharing para alumni, yaitu, para siswa aktif bertanya, ketika penanya pertama mendapat hadiah… berikutnya, tak usah ditunjuk lagi, siswa mudah banget bertanya; dan dengan senang hati, para alumni ini menjawab.

Jam 12.00 acara usai. Masih kurang rasanya waktu untuk berbagi.

Semoga masih bisa bersilaturahmi di www.gangselot.com

Usai sharing… langsung menuju gang selot; makan. Makanan yang jenisnya sama dengan 20 tahun lalu (buat angkatan 89). Makanan yang setiap gigitannya membawa ke masa lalu..Duh…

Usai semua acara. Berpisah; kembali ke kesibukan masing-masing…

Semoga saja berbagi ilmu ini bisa bisa kontinyu…. karena sesungguhnya ilmu akan bertambah dengan ketika menjadi bagian untuk berbagi…. tentu dengan menguasai ilmu berbagi, artinya menyesuaikan bahasa dengan orang yang akan dibagi ilmunya….

Terima kasih untuk semuanya.. Semoga tercatat sebagai ilmu yang bermanfaat oleh para malaikat…

Ditunggu inputan dari para alumni lainnya untuk mau berbagi…

Silaturahmi jalan terus di tengah keluarga besar alumni SMP 1 Bogor
www.gangselot.com

One thought on “Berbagi Ilmu dan Ilmu Berbagi

  1. Alhamdulillah,saya sangat senang sekali rekan2 alumni bisa menjelaskan dan sharing kepada adik-adik kita tentang aplikasi pendidikan yang akan diterapkan di masyarakat luas,karena saya dulu belum pernah tahu (atau tdk mau tahu hehehe..)dan tidak ada yang menjelaskan untuk apa saya belajar matematika,biologi,fisika dll.Ya Allah limpahkan berkah dan hidayahMu untuk mereka2 yang mau berbagi.. Thanks guys,terimakasih juga Guru2 ku.(Pak Bedjo..imissu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *