30

Dec 2008

Be a New You…!

Momentum tahun baru yang saat ini hampir berbarengan, antara tahun baru Hijriyah dan Masehi, memberikan pesan perubahan bagi kita. Pergantian tahun menjadi rutinitas alam semesta, baik bulan maupun matahari. Manusia lah yang harus menjadikan rutinitas alam ini sebagai bagian dari ‘re-charge’ untuk menjadi Manusia Baru atau Be A New You!

Be A New You…? bagaimana caranya. Mudah saja…

1. Dream

Mimpi adalah kunci. Itu kata Girink di lagu Laskar Pelangi. Beneran, memang mimpi adalah kunci untuk melangkah melebihi apa yang kamu yakini. Mimpi akan menjadi bunga tidur jika tidak disertai dengan rencana tindakan. Mimpi akan menjadi visi ketika dilengkapi dengan ilmu untuk mewujudkannya. Bermimpilah dan lakukan tindakan untuk mencapainya. Tahun lalu adalah batas; tahun depan adalah lanjutannya.

2. Define

Life without goal would be meaningless. Definisikan Tujuan. Tujuan adalah tentang apa. Hidup tanpa tujuan itu ngga ada artinya. Tujuan perlu kita tetapkan, supaya pergerakan fokus, kekuatan mengarah menuju satu titik yang telah ditetapkan. Nama lain titik itu adalah sukses. Terkait dengan visi, maka tujuan adalah visi yang dibatasi oleh waktu. Ibarat garis sepanjang 100 meter, maka tujuan adalah jeda-jeda yang kita tetapkan untuk mencapai titik di ujung garis 100 meter. Tetapkan tujuan, karena dengan adanya tujuan, kita akan sangat banyak menghemat sumber daya, baik waktu maupun tenaga.

3. Design

Rancang strategi. Strategi adalah tentang bagaimana. Strategi adalah bagaimana caranya mencapai tujuan. Ketika tujuan ditetapka, maka strategi harus dirancang. Mengapa demikian? karena sumber daya kita sangat terbatas. Dengan strategi yang tepat, maka hidup akan dipenuhi oleh pemenuhan prioritas. Ketepatan menyusun prioritas adalah bagian dari rancangan strategi untuk mencapai tujuan.

4. Do it

LakukanVision without action is a nightmare. Tindakan bukan ada di kepala saja, tetapi berwujud menjadi amal perbuatan. Lakukan dengan sepenuh hati, maka kita akan menemukan diri kita terus bertumbuh setiap detik. Orang-orang di sekitar akan menjadi saksi, betapa hidup ini begitu terarah, memenuhi prioritas untuk mencapai tujuan guna mewujudkan visi yang dicita-citakan.

So.. untuk Menjadi Manusia Baru… Be A New You…

start with your Dream, Define your Goal, Design your Strategy and Do it Now!….

Have a nice journey to find a meaningful life!

One thought on “Be a New You…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *