Nasib Para Pencontreng Setelah 9 April

Gencar! Kampanye di darat dan udara, makin hebat. Demi terpilih 9 April; bisa mewakili rakyat dan menduduki jabatan dengan nikmat. Segala jurus digunakan agar tampil memikat. Walau sejatinya tak hebat-hebat amat. Polesan iklan bisa membuat tampilan makin menguat. Untuk dicontreng, memang harus memiliki daya tarik. Tak peduli, daya tarik itu apakah benar atau hanya rekaan. […]

Bermimpi dan Sekuat Tenaga Mewujudkannya

Bermimpi dan Sekuat Tenaga Mewujudkannya Ada 5 alasan kenapa seseorang harus bermimpi dalam hidupnya. Mimpi bukan bunga tidur, akan tetapi mimpi untuk meraih sebuah sukses sejati di masa depan; yang bisa menjadi catatan kehidupan yang bisa dikenang. Apa saja alasannya? 1. Mimpi itu gratis. Ya. Gratis! Anda bisa memilih mimpi apa pun yang Anda inginkan. […]

Celana yang Bolong Tengahnya

“Kenapa mukanya kok manyun gitu?” tanya saya ke teman kerja “Biasa.. tadi nonton Brazil vs Ekuador…makanya telat masuk kantor…” jawab teman saya “Lho.. apa hubungannya sama manyun?” saya bingung “Iya.. pas mau berangkat, begitu pake celana, eh bagian ‘itu’-nya bolong..” kata teman saya, masih manyun “Terus…?” “Lha.. saya komplain dong sama isteri, masa udah seminggu, […]

Caleg dan Car Call

Malam tadi, saya bertemu seorang teman, meeting di Botani Square, Bogor. Agendanya membahas rencana mengadakan Writer’s Camp sekalian uji coba Komunitas Rumah Tulis yang saya bangun. Sedang asyik-asyiknya membahas rencana kegiatan, tiba-tiba terdengar suara dari car call di lantai 1: “Kepada Bapak E.S, calon anggota DPD daerah Jawa Barat, diharap menemui tamunya di Star Buck..” […]

Situ Gintung, Caleg dan Cari Kamera

Situ Gunung jadi headline berita. Masyarakat kena bencana dan menderita. SBY dan JK bisa bertemu di rumah makan, membahas tuntas masalah. Hebat, RI 1 dan RI 2 bisa terjun langsung ke lokasi bencana. Bertemu untuk memberikan solusi. Para caleg cari kamera. Muncul dimana-mana. Memang kamera bisa meliput bencana dan tentu saja mereka yang sengaja mencari […]

Masalah, Keputusan dan Pemilu

Masalah adalah selisih antara harapan dengan kenyataan. Memiliki harapan yang terlalu tinggi membuat kenyataan yang dihadapi jauh dari harapan. Ada masalah, ketika selisih antara harapan dengan kenyataan adalah minus. Pengambilan keputusan adalah memilih alternatif terbaik di antara banyak alternatif. Keputusan yang tepat bisa diambil ketika berbagai alternatif bisa dibandingkan satu dengan lainnya, baik dari sisi […]

Pembantu dan Obat Tidur

“Abi… kenal tetangga depan itu nggak?” tanya isteri saya, suatu malam, disela santai melihat acara Termehek-mehek. “Kenal banget sih nggak.. kenapa?” saya balik nanya.. “Tadi, Bunda waktu belanja, di warung itu pada cerita tentang pembantunya…” kata isteri saya “Kenapa? khan pembantunya baik-baik aja kayanya…sering keliatan nyapu di depan..” kata saya “Iya.. khan bayi mereka umur […]

Golongan Putih vs Golongan Hitam

Pemilu tinggal menghitung hari. KPU kini mendapat banyak sorotan, kasus Daftar Pemilih Tetap palsu, yang jumlahnya lumayan signifikan. Kampanye pun makin banyak yang melakukan pelanggaran, mulai dari penampilan yang diluar konteks pemilu, hingga penyertaan anak-anak selama kampanye. Para golongan putih, tetap dengan tekadnya untuk tak memilih. Apa pun yang ditawarkan caleg dan partai, para golput […]

Berhitung Sebelum Berhutang

Suami isteri itu memiliki 3 anak. Yang sulung, kelas 2 SMA, tak lagi bisa berangkat sekolah, karena tak ada ongkos sehari-hari yang satu kali jalan Rp 12.000; yang tengah, kelas 1 SMP, bersekolah dengan berjalan kaki; yang bungsu, masih usia balita, tak sempat masuk PAUD. Petaka datang ketika suami isteri itu meminjam uang kepada seorang […]

Peternakan Kambing Hitam

Bagi sebagian orang, yang bermental pecundang, ketika mengalami kondisi yang menyulitkan, langsung mencari-cari alasan dan pembenaran, bahwa sesuatu dan seseorang di luar sana yang menyebabkan kegagalan menimpa dirinya. Mencari kambing hitam adalah pekerjaan paling mudah bagi orang yang menjadikan hidupnya korban dari keadaan. Gagal baginya adalah akibat dari perbuatan orang lain. Padahal, ada kontribusi dari […]