03

Mar 2009

10 Tipe Pengamen

Ini dari pengamatan terhadap pengamen selama menggunakan transportasi umum, baik bis maupun kereta.

1. Pengamen Khatib Jum’at.

Pengamen yang sebelum ngamen biasanya didahului oleh pesan-pesan spiritual dan do’a selamat dalam perjalanan. Termasuk pesannya adalah bagaimana supaya menjadi manusia yang lebih baik. Pilihan lagunya ngga jauh dari lagu Ebiet G. Ade. Kadang durasi ‘pidato’nya lebih panjang dari lagunya

2. Pengamen Narsis

Pengamen yang ngga mau nyanyiin lagu orang lain. Biasanya nyanyiin lagu ciptaan sendiri. Lumayan bagus, paling ngga menurut penciptanya. Pengamen Narsis, biasanya setelah selesai, minta sumbangan dari penumpang, plus sesekali kalau penumpang berpakain rapi, sekalian minta kartu nama.

3. Pengamen Ngga banyak Ngomong

Pengamen yang emang bisa alias ngga bisa ngomong. Bisu tapi menyanyi, membuat penumpang kadang tidak tahu apa yang dinyanyikannya. Kadang, sering jadi sarana untuk menjadi ajang kuis dan tebak lagu di antara penumpang.

4. Pengamen Tari Saman.

Pengamen yang tidak membawa alat musik. Biasanya bernyanyi diiringin dengan tepuk tangan dan memukul anggota badannya. Kadang, juga memukul kursi penumpang. Biasanya lagu yang dibawakan, bukan lagu sedih, selalu lagu gembira. Gerakannya jadi mirip tari Saman, yang memang banyak gerakan memukulkan tangan ke badan.

5. Pengamen Karaoke

Pengamen yang membawakan lagu diiringi dengan soundtrack musik dari tape yang dibawanya.

6. Pengamen Megap-megap

Pengamen yang sebenarnya tidak nyanyi, cuma lip-sinc, alias modal mangap mulut aja, sementara yang bernyanyi adalah lagu yang diputar dari tape.

7. Pengamen RBT

Pengamen yang nyanyiin lagunya ngga sempurna, mirip-mirip Ring Back Tone, alias nyanyi di bagian yang dia inget aja.

8. Pengamen Salah Ukur

Pengamen yang sering terlalu asyik nyanyi, jadi lupa ngukur waktu, kalau bis yang dia tumpangi sudah mau keluar jalan tol. alhasil, ketika selesai bernyanyi, penumpang udah mau turun, ngga sempat lagi memberikan uang ke kantong yang diedarkan.

9. Pengamen Apes

Pengamen yang baru aja mulai nyanyi, udah gitu, supir bis di depan bilang ke seluruh penumpang: “Bisnya ada kerusakan mesin nih! Pada pindah ke bis depan aja ya? Maaf nih….” Penumpang pun berhamburan keluar, meninggalkan pengamen yang disaksikan oleh kursi yang kosong plus supir bis dan kondekturnya.

10. Pengamen One Hits Wonder

Pengamen yang punya lagu favorit atau malah cuma hafal satu lagu. Jadi, setiap ngamen, lagunya itu terus, ngga berubah-ubah; ngga update dengan tangga lagu terbaru.

Hehehehehe…kalau ada tipe pengamen yang lain, monggo ditambah aja….

One thought on “10 Tipe Pengamen

  1. PENGAMEN MODAL TAMPANG

    Tipe seperti ini biasanya orangnya cantik-cantik tapi berjakun dan bersuara besar.

    huahahahahahahahahahahahahaha…pengalaman pribadi ya? kocak banget..hehehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *